4 Pose Yoga Pereda Stres

Oleh Gabriel Abdi Susanto pada 07 Jul 2015, 20:00 WIB
Diperbarui 07 Jul 2015, 20:00 WIB
yoga salabhasana
Perbesar
Pose yoga gaya belalang

Liputan6.com, Jakarta Boleh jadi kehidupan dengan tingkat persaingan tinggi yang menuntut kerja keras menjadi suatu keniscayaan. Banyak orang, senantiasa bergelut dengan tingkat stres tinggi ditambah pola makan dan tidur yang tidak teratur, sehingga besar kemungkinan menderita penyakit lambung dan gangguan pencernaan lain.

Sangat penting untuk menyiasati kondisi ini sebaik-baiknya. Ada beberapa tindakan yang harus dilakukan sehubungan dengan perbaikan pola hidup. Pertama, bantu meringankan kerja lambung dengan memberi perhatian pada cara makan. Kunyah makanan secara perlahan, selain agar makanan lebih halus ketika ditelan, pikiran lebih mindfull, seperti manfaat yang didapat dari meditasi. Kedua, hidup lebih rileks, usahakan tidur cukup dan berkualitas.

Untuk menguatkan sistem pencernaan, sekaligus imunitas tubuh secara keseluruhan, yoga asanas berikut ini bisa dipraktikkan.

SALABHASANA
(Postur Belalang)
Tidur telungkup, keseluruh¬an tubuh bertumpu pada perut. Kepala, kaki, dan tangan terangkat, teruslah bernapas. Latihan ini akan memperkuat organ dalam di area perut, khususnya yang berhubung¬an dengan sistem pencernaan.

Cara melakukannya:
Tidur telungkup, tangan di samping tubuh, telapak menghadap ke atas. Kening di lantai. Buang napas, kemudian secara perlahan angkat kepala, kaki, dada, dan tangan secara bersamaan, sehingga hanya perut yang bersentuhan dengan lantai.

Sambil terus bernapas normal, luruskan kedua kaki dan regangkan seluruh otot sampai terasa seperti ada kontraksi di pantat, otot-otot paha seperti memutar ke dalam. Pusatkan pandangan pada titik di antara dua alis mata (mata ke¬tiga) sebagai latihan untuk meningkatkan konsentrasi, fokus, penuh perhatian.

Teruslah bernapas. Bertahanlah dalam posisi ini selama tiga menit, kalau bisa, sambil terus merasakan semua organ dan sistem fisologis di tubuh kita aktif bekerja. Bermeditasilah ketika melakukan postur ini. Tingkatkan kesadaran.

 

 

2 dari 4 halaman

Makarasana

MAKARASANA
(Postur Buaya)
Postur ini adalah variasi dari Sala¬bhasana. Setelah piawai melakukan Salabhasana, tingkatkan suhu tubuh dengan postur ini. Lakukan seperti dalam Salabhasana, hanya dengan jari-jari terjalin (interlock) diletakkan di belakang kepala.

 

 

3 dari 4 halaman

Dhanurasana

DHANURASANA
(Postur Busur)
Lutut ditekuk dan tangan memegang pergelangan kaki. Tangan lurus dan meregang seperti tali busur.

 

 

4 dari 4 halaman

PARSVA DHANURASNA

PARSVA DHANURASNA
(Parsva = sisi samping. Postur Sisi Samping Busur)
Bentuk lain dari Dhanurasana. Latihan memperkuat sistem pencernaan keseluruhan secara lebih maksimal.

Cara melakukannya:
Setelah sempurna melakukan Dhanurasana, latihan dapat dilanjutkan dengan memutar ke kanan dan ke kiri, perut bagian bawah sebagai tumpuannya. Lakukan tiga sampai lima kali putaran untuk setiap sisinya.

Selesai semua asanas, jangan lupa sempatkan melakukan Savasana atau pos¬tur mayat. Postur ini untuk merileks¬kan organ pencernaan setelah dilatih, juga memberi kesempatan bagi organ tubuh merasakan hasil kerjanya. Ingat, bukan hanya sistem pencernaan, seluruh organ tubuh juga perlu istirahat, termasuk pikiran.

Latihan ini untuk mengasah kepasrahan, menerima kondisi apa pun sesuai kenyataan. Latihan ini sangat baik untuk para politisi agar pasrah menerima kenyataan tidak terpilih. Selamat berlatih!

Lanjutkan Membaca ↓