Sukses

Konsumsi 7 Hal Ini agar Miss V Tetap Sehat

Setiap perempuan harus memperhatikan dan menjaga organ kewanitaannya tetap sehat.

Liputan6.com, Jakarta Setiap perempuan harus memperhatikan dan menjaga organ kewanitaannya tetap sehat. Jika tidak, akan berisiko terkena infeksi kandung kemih, infeksi bakteri atau jamur, serta berbagai iritasi yang semuanya menimbulkan nyeri dan rasa tidak nyaman. 

Agar terhindar dari berbagai infeksi dan iritasi vagina, ada baiknya Anda selalu memasukkan makanan-makanan berikut dalam menu sehari-hari, dilansir dari Allwomenstalk, Senin (6/7/2015).

1. Yoghurt alami atau probiotik 

satu sendok makan yoghurt secara dramatis mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Probiotik baik untuk menjaga kadar pH atau keasaman vagina. Yoghurt alami tidak hanya bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan melainkan juga untuk menghalau infeksi jamur pada organ intim perempuan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Air dan jus cranberry

2. Air 

Apa saja manfaat air putih untuk kecantikan tubuh?

Ini adalah solusi paling sederhana namun efektif. Air sangat diperlukan oleh membran mukosa vagina supaya tetap dalam kondisi terbaik. Agar bisa berfungsi, vagina harus terhidrasi dengan baik dan hal yang paling mudah untuk mencapai kondisi tersebut adalah dengan mengonsumi air. Air juga berkontribusi baik pelumasan vagina serta membantu menghilangkan aroma tak sedap. 

3. Jus cranberry

Rasa asam jus cranberry memberi efek positif bagi kesehatan kandung kemih. Dan kualitas keasaman jus cranberry juga membantu keseimbangan pH vagina yang bisa mengatasi infeksi saluran kemih. 

3 dari 4 halaman

Sayuran dan buah segar

4. Sayuran dan buah segar 

orang yang makan lebih banyak buah dan sayuran memiliki keingintahuan dan kreativitas yang tinggi serta mampu bersikap positif.

Sayuran dan buah tidak hanya penting untuk menjaga berat badan melainkan juga efektif membuat vagina tetap sehat. Sayuran hijau seperti bayam dan kale membantu sirkulasi darah tetap lancar dan mencegah vagina tidak kering. Sementara buah-buahan jenis sitrus seperti jeruk dan lemon juga berkontribusi meningkatkan Vitamin C dalam jumlah tinggi. 

5. Bawang Putih

Sebagai antifungal dan antimikrobakterial, bawang putih baik untuk kesehatan vagina. Mengonsumsi sejumlah bawang putih mentah bisa membunuh jamur serta meredakan infeksi. 

4 dari 4 halaman

Kacang-kacangan dan ubi manis

6. Kacang-kacangan dan biji-bijian 

Bagaimana mendapatkan kulit putih dan cantik dengan sebutir almond?

Beragam kacang-kacangan termasuk walnut, hazelnut, dan biji bunga matahari serta almon mengandung vitamin E dosis tinggi yang mencegah dari kekeringan vagina. Jumlah zinc yang melimpah pada kacang-kacangan dan biji-bijian membantu kelancaran siklus menstruasi. 

7. Ubi manis

Kandungan vitamin A pada ubi manis menguatkan dan menyehatkan dinding uterus, juga membantu meningkatkan produksi hormon yang membuat tubuh tetap berenergi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini