Sukses

Tidak Ada Batasan Umur untuk Mulai Jalani Hidup Sehat

Sama halnya dalam mencari ilmu dan uang, usia bukanlah hambatan untuk memulai menjalani pola hidup yang sehat

Liputan6.com, Jakarta - Tidak ada kata terlambat untuk memulai menjalani pola hidup yang sehat. Sekali pun baru menyadari pentingya hidup sehat itu di usia 60. Sama halnya dalam mencari ilmu dan uang, usia bukanlah hambatan untuk meraih semua itu.

Biasanya pertambahan usia diitandai dengan melambatnya metabolisme serta penurunan fungsi sejumlah organ tubuh. Mulai dari pankreas, hati, paru-paru, jantung, dan tulang. Oleh karena itu, kebutuhan untuk menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup yang sehat akan bertambah dengan sendirinya.

Salah satu survei yang dilakukan di Australia, dua dari tiga penduduk wanita serta satu dari tiga penduduk pria berusia 60 ke atas terancam menderita osteoporosis. Sementara penelitian lain menunjukkan, tubuh yang aktif dengan berolahraga memiliki kemampuan menyerap kalsium jauh lebih baik daripada yang tidak melakukan aktivitas gerak sama sekali.

"Jadi, kalau ada yang bertanya kapan usia terbaik untuk memulai gaya hidup sehat dan mendapatkan badan yang bebas lemak, maka jawabannya adalah sekarang. Berapa pun angka dari usia yang dilontarkan, jawabannya selalu benar," kata Ade Rai dalam buku Mulailah Dengan Memperbaiki Gaya Hidup dikutip Health Liputan6.com pada Kamis (2/7/2015).

Ini sekaligus menggarisbawahi, tidak pernah ada kategori usia tertentu untuk memulai menjalani pola hidup yang sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.