Makan Telur dan Susu Bisa Picu Jerawat?

Oleh Fitri Syarifah pada 27 Jun 2015, 09:00 WIB
Diperbarui 27 Jun 2015, 09:00 WIB
telur
Perbesar

Liputan6.com, Los Angeles Peneliti di Amerika menemukan, makanan yang mengandung vitamin B12 termasuk ikan, telur, atau susu bisa memicu jerawat. Peneliti percaya, senyawa dari vitamin ini dapat memicu bakteri mengeluarkan senyawa peradangan hingga akhirnya muncul jerawat.

Tim yang dipimpin oleh Dr Huiyang Li dari University of California, Los Angeles, melaporkan temuan mereka dalam Jurnal Science Translational Medicine. Mereka menulis, interaksi bakteri patogenesis adalah kuncinya. Dan suplementasi vitamin B12 dapat menyebabkan perkembangan jerawat.

Untuk menyelidikinya, ilmuwan melakukan sampel pada 10 relawan yang diberikan suplemen vitamin B12 dalam seminggu. Peneliti kemudian mengumpulkan sampel bakteri dari hidung menggunakan strip pengangkat pori (deep cleansing pore strip).

"Konsumsi berlebihan B12 memiliki efek meningkatkan kadar senyawa inflamasi, porfirin yang dikenal dapat merespon inflamasi kulit dan berbuntut jerawat," ujar peneliti, seeperti dikutip Dailymail, Sabtu (27/6/2015).

Kendati demikian, para peneliti mengatakan, penyebab jerawat bisa karena banyak faktor seperti hormon sehingga mereka tidak membatasi konsumsi vitamin B12.

"Vitamin B12 penting untuk fungsi otak dan sistem saraf, serta pembentukan sel darah merah. Kekurangan vitamin B12 bahkan dapat menyebabkan kelelahan dan kekurangan energi," katanya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya