Sukses

Lezatnya Gurita Bikin Tubuh Makin Fit

Gurita ternyata memiliki protein tingi yang kalah dengan daging ayam

Liputan6.com, Jakarta Gurita atau binatang laut berkaki delapan atau kerap disebut oktopus mengandung protein tinggi yang tak kalah dengan daging ayam. Hewan laut ini bahkan diklaim bisa mencegah flu, stres hingga membantu menambah massa otot.

Seperti dikutip Menshealth, Rabu (24/6/2015) gurita mengandung taurin, sebuah asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk menyusun protein. Senyawa ini dapat mencegah stres. Selain itu, binatang yang sangar digemari di Korea dan Jepang ini juga membantu mencegah gejala flu pasca-latihan. Menurut sebuat studi di Jepang, gurita juga dapat melindungi jantung.

Koki eksekutif kelahiran Filipina, Edward Esmero  mengatakan, untuk mendapatkan manfaat kesehatan, gurita harus diolah dengan benar. Tambahan sayuran juga diperlukan sebelum menyantapnya.

"Didihkan air, masukkan gurita serta daun salam, bawang putih dan paprika selama 45 menit. Tambahkan sayuran panggang, seperti wortel ungu, sebagai pelengkap sehat," katanya.

Esmero menambahkan, nilai protein pada seporsi gurita setara dengan dada ayam (30 gram per 100 gram), lebih tinggi dari salmon (22 gram), lobster (21 gram) dan cumi-cumi (18 gram).

Di Korea Selatan, bayi gurita hidup seringkali dikonsumsi secara utuh, sedangkan gurita yang ukurannya sedikit lebih besar biasanya dipotong dan tentakelnya yang masih menggeliat dimakan dengan percikan minyak wijen. Gurita hidup memang dikenal sebagai salah satu makanan khas negeri gingseng ini. Sayangnya risiko tersedak karena potongan tentakelnya menempel di tenggorokan juga sangat tinggi. Berikut ini, salah seorang warga Korea yang makan gurita hidup:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.