Sukses

Tips Diabetesi Anak yang Ingin Berpuasa

Cara-cara ini harus diperhatikan dengan benar guna menjaga gula darah mereka tetap terkontrol. Terlebih di bulan Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta Seorang anak dengan diabetes tipe 1 memang tidak harus melakukan diet ketat seperti orang dewasa. Namun, fokus pada makanan apa saja yang harus mereka santap dan kapan waktu yang tepat untuk makan.

Cara-cara ini harus diperhatikan dengan benar guna menjaga gula darah mereka tetap terkontrol. Terlebih di bulan Ramadan.

Berikut tips yang diberikan Nutrisionis dari Rumah sakit PJ Hinduja, Mumbai, Purwa Duggal dikutip Times of India, Rabu (24/6/2015).

- Pilihlah camilan yang sehat, yang dapat disantap oleh mereka sehabis berbuka maupun sebelum makan sahur.

- Karbohidrat yang mereka konsumsi dapat memengaruhi tingkat gula darahnya, sehingga orangtua perlu membayasi seberapa banyak jumlah karbohidrat yang harus disantap

- Daripada memberikan anak-anak Anda makanan olahan seperti produk susu dalam kemasan, ada baiknya mengganti semua itu dengan dada ayam, ikan bakar, telur, kacang-kacangan, kentang panggang, dan polong-polongan.

- Jika sesudah berbuka puasa mereka ingin menyantap roti berlapiskan telur atau selai, pilihlah roti gandum jangan roti putih.

- Fokus untuk menjaga keseimbangan antara yang diasup dan yang dikeluarkan, guna mencegah terjadinya efek samping dari hiperglikemia. 

Baca juga

Diabetesi Boleh Berpuasa Asal Tahu Tipsnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.