Masalah Kesehatan yang Dialami Pria Usia 50-an

Oleh Benedikta Desideria pada 20 Jun 2015, 13:00 WIB
Diperbarui 20 Jun 2015, 13:00 WIB
Masalah-masalah Kesehatan yang Dialami Pria Usia 50-an
Perbesar
Foto: www.baldingtoday.com

Liputan6.com, New York- Semakin tua, banyak orang yang tak lagi memiliki kesehatan prima. Apalagi memasuki usia setengah abad, aneka keluhan kesehatan mulai muncul tak terkecuali bagi laki-laki.

Berikut empat masalah kesehatan yang biasa terjadi pada pria di atas 50 tahun seperti dilansir Men's Health, Sabtu (20/6/2015).

1. Kebotakan
Hal ini tentu tak membuat Anda keheranan karena kondisi ini hampir melanda banyak pria paruh baya. Berdasarkan studi di Finlandia, 67 persen laki-laki berusia 50 tahun ke atas mengalami kebotakan. Kebotakan terjadi karena folikel rambut peka terhadap hormon alami testosteron bernama dihydrotestoterone (DHT).
Ketika DHT mengikat reseptor di folikel rambut, membuat rambut Anda jadi lebih pendek dan halus dari sebelumnya seperti diterangkan dokter kulit asal Canberra, Australia, Leona Yip.

2. Masalah gusi
Aneka masalah pada gusi seperti radang gusi (gingivitis) bisa menyebabkan masalah gigi yang lebih serius seperti gigi tanggal. Permasalahan pada gusi ini terjadi pada lebih dari setengah laki-laki paruh baya dalam Journal of Dental Research.
Mereka yang berpontensi mengalami masalah gusi adalah perokok dan yang menggosok gigi sehari sekali atau kurang dari itu berdasarkan riset terbaru dari Jepang.
Untuk mencegah masalah penyakit pada gusi, menjaga kebersihan mulut dengan menghindari rokok, menggosok gigi pada pagi dan malam serta membersihkan sela gigi menggunakan dental floss (benang gigi).

3. Herpes
Di Amerika Serikat, sekitar 54 persen orang dewasa membawa virus herpes simpleks tipe 1, lalu 16 persen membawa virus herpes simpleks tipe 2 seperti yang diungkapkan dalam penelitian yang dilakukan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit setempat.
Penggunaan kondom bisa menghindari kedua jenis penyakit menakutkan tersebut.

4. Obesitas
Banyak pria yang mengalami kegemukan usai melewati setengah abad. Di Amerika Serikat, sekitar 73 persen penduduk laki-laki di sana memiliki masalah ini.

 

Baca juga:

Perut Buncit Bikin Anda Lebih Cepat Tua

10 Kebiaasaan yang Tak Pernah Anda Sangka Bikin Cepat Tua