Sukses

Ini yang Sebenarnya Bikin Mata Merah Seusai Berenang

Pipis di kolam renang membahayakan kesehatan Anda.

Liputan6.com, New York- Klorin kerap disalahkan sebagai penyebab mata merah usai berenang di kolam renang. Tapi faktanya, penyebab mata merah bukan sepenuhnya disebabkan oleh klorin, melainkan perpaduan klorin dengan urine para pengunjung kolam renang yang buang air kecil di dalamnya.

Hal ini disampaikan Center for Disease Control (CDC) atau Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat yang bekerjasama dengan Water Quality and Health Council dan National Swimming Pool Foundation.

"Klorin yang terdapat di kolam renang dapat mengikat urine dan keringat yang mampu membuat reaksi kimia yang mampu mengiritasi tubuh. Nah, inilah yang membuat mata pedih kemudian merah," terang direktur CDC bagian program Kesehatan Air, Michael J. Beach, Ph.D.

Anda pernah batuk usai tak sengaja minum air kolam renang? Jika iya, bisa jadi ini disebabkan klorin yang menggandeng urine dan keringat. Reaksi kimia yang terjadi di antara ketiganya membuat iritasi paru-paru seperti dilansir Men's Health, Selasa (16/6/2015).

Selain itu, kini makin banyak ditemukan aneka penyakit yang timbul usai seseorang berenang di kolam renang. Penyakit paling rentan dialami pengguna kolam renang di tempat rekreasi adalah Recreational Water Illnesses (RWIs).

Penyakit tersebut disebabkan oleh kuman yang menyebar melalui mulut akibat air kolam yang tertelan, bernapas, aerosol, serta bersentuhan dengan air yang terkontaminasi misalnya dalam kolam air panas, wahana hiburan air hingga air mancur interaktif. (Baca: Waspada, Kolam Renang Sarang Ribuan Kuman Penyakit)

 

Baca juga:

Miss V Gatal Usai Berenang, Kenapa?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini