Sukses

Cara Indro Warkop Kendalikan Diabetes

Makan nasi putih, perbanyak asupan serat

Liputan6.com, Jakarta Aktor komedi senior Indonesia, Indro Kusumonegoro (57) yang akrab disapa Indro Warkop sekitar dua tahun lalu didiagnosis diabetes. Hal ini membuatnya lebih peduli terhadap makanan yang dikonsumsinya agar kadar gula darah tubuhnya terkontrol.

"Dulu memang saya makan nasi merah, sekitar sembilan tahun. Namun semenjak tahu kena gula saya justru konsumsi nasi putih karena tidak terlalu signifikan dampaknya (red: pada gula darah) saat mengonsumsi nasi merah," terang pria berkepala plontos ini saat berkunjung ke redaksi Liputan6.com di SCTV Tower pada Senin (8/6/2015).

Menurut dokter, mengurangi asupan karbohidrat tinggi glukosa seperti nasi putih memang harus dikurangi. Karena itu, meski ia masih mengonsumsi nasi putih, itu ia lakukan hanya sekali sehari yakni di siang hari.

Selain itu ia memperbanyak asupan serat seperti buah dan sayur. "Buat saya ini nggak jadi soal, karena dari dulu saya memang suka buah dan sayur," tambahnya lagi.

Soal minuman, kini ia harus jauhi teh manis kesukaannya, menggantinya dengan teh pahit. Serta yang utama air putih. "Alhamdulillah tak terasa sulit," ungkapnya.

Kini, gula darahnya berada pada angka 130-140. Dokter pun meminta agar terus menjaga kesehatannya pada kondisi seperti ini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.