Sukses

Kiat Agar Anak Tak Jadi Objek atau Subjek Video Asusila

Komisioner KPAI Susanto mengatakan literasi media bisa mencegah seorang anak menjadi subjek atau objek video asusila

Liputan6.com, Jakarta Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto mengatakan literasi media bisa mencegah seorang anak menjadi subjek atau objek video asusila.

"Kemampuan literasi internet sangat penting sehingga dia dapat memilah konten yang baik untuknya," kata Susanto di Jakarta, Jumat (5/6/2015).

Kemampuan literasi internet, kata dia, juga sangat penting agar mereka tidak menjadi korban akses konten-konten negatif seperti pornografi. Alasannya, anak dapat tahu jika mereka ikut terlibat dalam pembuatan video asusila.

Maka, Susanto meminta kepedulian dari setiap pihak untuk mendorong adanya literasi media.

Sejauh ini, kata dia, Indonesia baru menerapkan fokus pembelajaran pada tataran kemampuan mengoperasikan komputer dan mengakses internet. Padahal, melek media juga harus diimbangi dengan kemampuan memilah dan memilih konten sehat yang sesuai dengan usianya.

Secara singkat, pembelajaran teknologi masih berkutat pada kemampuan "hard skill" atau belum menuju pada "soft skill".

Sementara itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise mengatakan video asusila dapat menyebabkan anak yang mengaksesnya berkhayal bebas dan secara tidak sadar menirunya.

Selain penguatan peran negara, dia juga mengimbau orang tua mengawasi anaknya dan mengajarkan pendidikan seks dini dengan benar dan sesuai usia untuk menghindari adanya pelecehan seksual pada anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.