Sukses

Segelas Jus Sama dengan Sekaleng Minuman Soda

Sekali pun jus yang dibuat tanpa campuran gula, buah yang diproses menjadi jus akan sama buruknya seperti minuman cola

Liputan6.com, Jakarta Konsumsi segelas jus secara rutin setiap pagi kerap dianggap sebagai sarapan yang menyehatkan. Jangan salah, sekali pun jus yang dibuat tanpa campuran gula, buah yang diproses menjadi jus akan sama buruknya seperti minuman cola dan minuman tidak sehat lainnya.

"Karena buah penuh dengan gula," kata Konsultan Diet di Mumbai, India, Kinita S Kadakia dikutip Times of India, Jumat (5/6/2015).

Buah mengandung fruktosa (gula). Ketika buah diproses menjadi jus tanpa gula pasir (sukrosa), tetap saja hasilnya sama dengan minuman yang tidak sehat. "Kalori dalam 340 ml jus buah tanpa tambahan gula setara dengan kalori dalam 340 minuman cola. Kecuali jus buah tanpa disaring, masih tinggi serat," kata dia menambahkan.

Kinita mengingatkan, semua yang sehat bukan berarti tidak memiliki kalori. Jus buah memiliki kalori cukup padat, dan harus dibatasi bagi diabetesi. Harus diingat juga, segelas jus sehari belum memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh secara lengkap.

"Jika seseorang bertujuan untuk diet, meminum segelas jus bukanlah jawaban. Lebih baik ganti jus buah dengan buah sebenarnya," kata dia menekankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.