Sukses

4 Makanan Ini Lebih Kaya Seratnya Dibanding Apel

Tak cuma apel yang tinggi serat, ada beberapa makanan lain yang lebih tinggi kandungan seratnya.

Liputan6.com, New York- Buah apel dikenal sebagai salah satu makanan kaya serat. Satu buah apel ukuran medium, kira-kira mengandung 4,4 gram serat yang membuat kenyang lebih lama. Sehingga, buah ini jadi andalan mereka yang ingin menjaga berat badan.

Tapi, tak cuma apel saja lho makanan yang tinggi serat. Ada beberapa makanan lain yang memiliki banyak serat seperti dilansir Women's Health, Kamis (4/6/2015).

1. Kacang chickpea
Kacang chickpea merupakan kacang Mediterania yang dikenal dengan sebutan kacang garbanzo. Bentuknya bulat dengan kedua ujung runcing dan berwarna krem atau kuning keruh.
Satu cangkir chickepea mengandung 16 gram serat atau hampir empat kali lipat dibandingkan sebuah apel.

2. Avokad
Setengah avokad mengandung 6.75 gram serat. Tekstur buah yang lembut sangat pas dijadikan menu sarapan. Selain itu, buah berdaging hijau ini mengandung 25 zat gizi esensial, antara lain protein, potasium, vitamin E, C, B, asam folat, zat besi, tembaga, fosfor, dan magnesium

3. Kacang tanah
Jadikan kacang tanah sebagai salah satu menu camilan Anda. Karena setengah cangkri kacang tanah mengandung serat 6,2 gram. Selain serat, jenis kacang yang satu ini kaya Vitamin B3 yang baik untuk meningkatkan fungsi otak dan menajamkan daya ingat.

4. Pir
Buah berwarna hijau atau kekuningan ini paling segar kalau dikonsumsi di hari yang panas karena tinggi kandungan air. Tak cuma air, seratnya juga tinggi. Satu buah pir ukuran medium paling tidak mengandung 5,5 gram serat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini