Sukses

Cuci Tangan Pakai Sabun Cegah Kematian Akibat Infeksi

Organisasi kesehatan dunia (WHO) menyebut 10 persen pasien rawat inap menderita infeksi terkait pelayanan kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut 10 persen pasien rawat inap menderita infeksi terkait pelayanan kesehatan (HAI). Di Indonesia jumlah ini mencapai 9,8 persen. Sementara di dunia jumlah pasien kasus ini mencapai 1,4 juta kematian setiap hari.

Ketua PERSI, Dr dr Sutoto, MKes mengatakan infeksi semacam ini dapat menyebar dari pasien satu ke pasien lain melalui tangan dokter yang malas cuci tangan.

"Meski mengkhawatirkan, infeksi ini dapat dicegah, dengan cuci tangan secara rutin dengan benar di 5 saat penting," kata Sutoto dalam diskusi yang diadakan Unilever, PERSI, dan KARS di Ballroom Hotel Ritz-Carlton pada Kamis (4/6/2015).

Penelitian terkini yang dipublikasikan dalam Journal of Environmental Research and Public Health menunjukkan, cuci tangan pakai sabun atau CTPS mampu menghilangkan 92 persen organisme penyebab infeksi di tangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini