Sukses

Daya Ingat Perempuan Lebih Baik Dibanding Laki-laki

Kemampuan wanita mengingat agenda acara sangat baik.

Liputan6.com, London - Sering menyadari suami atau pacar kerap lupa membayar kartu kredit? Jika iya, jangan terlalu salahkan mereka. Karena menurut studi, daya ingat pria memang tak sebaik ingatan perempuan.

Peneliti Italia dan Inggris yang terlibat dalam penelitian ini tidak mengetahui alasan pasti mengapa ingatan perempuan lebuih cemerlang. Kemugkinan hal ini disebabkan kaum hawa dilatih bertanggungjawab atas rumah dan pekerjaan.

Hasil penelitian ini didapatkan setelah melakukan serangkaian tes memori terhaap 100 perempuan dan laki-laki usia 15 hingga 40 tahun.
Ingatan terbaik wanita yakni mengingat agenda atau acara dibandingkan mengingat waktu secara spesifik.

"Contoh paling mudah terlihat ketika perempuan sudah berkeluarga, Ia akan mengingat membeli susu untuk anak usai bekerja, misalnya," terang peneliti dari Birmingham Aston University, Liam Palermo.

"Perempuan juga bisa ingat kapan harus mengembalikan buku ke teman," tambah Palermo seperti dilansir laman Daily Mail, Senin (1/6/2015).

Bisa jadi hal ini disebabkan karena hub memori otak pada pria menyusut pada usia 20-40 tahun, namun hal ini tidak terjadi pada kaum hawa.

Namun ada kemungkinan lain yang lebih menarik, perempuan diasah untuk mampu menyeimbangkan antara rumah tangga, mengasuh anak, dan bekerja. Ketiga hal ini mampu meningkatkan memori mereka.

"Sebuah hipotesis menunjukkan bahwa tanggung jawab wanita lebih banyak dibanding pria, sehingga konsekuensi dari peran sosial ini kemampuan wanita mengingat-ingat jadi terasah," terang Palermo.

 

 

Baca Juga:

Main TTS Bantu Tingkatkan Daya Ingat si Kecil

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.