Sukses

Cara Cepat Tidur dalam Satu Menit

Bernapas sangat mempengaruhi fisiologi dan proses berpikir, termasuk suasana hati.

Liputan6.com, Sydney- Inginnya sih, usai membaringkan tubuh di atas ranjang mata langsung terpejam. Namun ada kalanya, sudah 10 menit, 20 menit, bahkan satu jam untuk tidur gagal. Malah terkadang pikiran melayang ke tugas yang belum selesai, pesan bos, pekerjaan rumah tangga yang masih menumpuk.

Stres, bisa membuat Anda sulit langsung tidur. Kondisi mental seperti ini berdampak pada kondisi fisik seperti jantung berdegup kencang, tekanan darah naik, otot tegang yang membuat tubuh sulit tertidur.

Namun, dengan teknik pernapasan sederhana dapat mengurangi respon stres tersebut dan membawa kita ke alam mimpi.

"Bernapas sangat mempengaruhi fisiologi dan proses berpikir, termasuk suasana hati. Dengan hanya memfokuskan perhatian pada pernapasan tanpa mengubah apa-apa, Anda telah bergerak ke arah relaksasi," terang dokter lulusan Harvard, Andrew Weil.
Weil memberikan cara bernapas seperti ini, bernapas selama empat detik, tahan napas selamas tujuh detik kemudian hembuskan selama delapan hitungan.

"Berlatih napas seperti ini setiap hari menjelang tidur dapat membantu Anda tertidur lelap," terang Weil seperti dilansir The Sydney Morning Herald, Minggu (31/5/2015).

 

Baca Juga:

Sulit Tidur Karena Pikiran Cemas, Lakukan Ini Saja

Gemar Telan Pil Tidur Bikin Otak Cepat Rusak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.