Sukses

Mau Sehat? Matikan Lampu Saat Tidur

Aturan tidur selama 8 jam begitu sulit diterapkan karena kesibukan sehari-hari. Lantas bagaimana mengantisipasinya?

Liputan6.com, Jakarta Selain mengonsumsi makanan sehat, faktor istirahat untuk menjaga tubuh tetap bugar juga sama pentingnya. Masalahnya aturan tidur selama 8 jam begitu sulit diterapkan karena kesibukan sehari-hari. Lantas bagaimana mengantisipasinya?

Menurut dokter spesialis gizi klinik dari RS Cipto Mangunkusumo, Inge Permadi, bila Anda tidur hanya 4 jam, usahakan tidur siang selama 1-2 jam. Sebab umumnya, orang dewasa tidur 6-8 jam sehari. Berbeda dengan anak-anak yang harus tidur 8 jam lebih untuk pertumbuhannya. Dan yang penting, matikan lampu sebelum tidur.

"Saat tidur, lebih baik matikan lampu. Tidur mendalam akan membuat tubuh istirahat total. Anda semua ingin sehat, cantik, tampan, awet muda, bukan? Saat Anda deep sleep itu, maka tubuh akan mengeluarkan growth hormon yang membuat tubuh Anda lebih bugar," kata Inge pada wartawan, di Senayan City, Jakarta, ditulis Rabu (20/5/2015).

Inge menambahkan, saat tidur, hampir semua organ juga istirahat. Prinsip ini seperti puasa di mana kita harus mengistirahatkan lambung untuk sementara waktu.

"Coba seumur hidup aktivitas atau makan terus menerus tanpa istirahat. Dijamin Anda akan rentan terkena penyakit degeneratif," pungkasnya. (Baca juga: Apa yang terjadi pada tubuh saat kita tidur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini