Sukses

Penderita Maag, Minum Susu Bikin Nyeri Lambung?

Penderita maag atau asam lambungharus berhati-hati lantaran susu bisa menyebabkan nyeri lambung.

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi susu yang kaya protein dan vitamin memang baik untuk kesehatan. Namun bagi penderita maag atau asam lambung, Anda harus berhati-hati lantaran susu bisa menyebabkan nyeri lambung.

Seperti disampaikan Dokter spesialis gizi klinik dari RS Cipto Mangunkusumo, Inge Permadi, bahwa susu merupakan salah satu protein hewani yang sulit dicerna tubuh sehingga pada orang maag, kondisi ini menyebabkan asam lambung tinggi.

"Orang maag bukan nggak boleh minum susu tapi harus hati-hati karena metabolisme tubuhnya berbeda dengan orang lain. Proses digesti (mencerna) susu membutuhkan asam tinggi. Jadi pada orang yang sedang maag kemudian minum susu, perutnya bisa perih," kata Inge di sela-sela acara `Brands Jakarta Health Week` di Senayan City Jakarta, Selasa (19/5/2015).

Kendati demikian, Inge memberikan trik khusus bagi penderita maag yang ingin minum susu. Caranya dengan mengonsumsi karbohidrat yang cukup,  setelah itu baru minum susu. Dengan cara ini asam lambung bisa bergerak bersamaan untuk mencerna karbohidrat dan susu, sehingga bisa mengurangi rasa nyeri.

Baca juga

Tak Cuma untuk Tulang, Minum Susu pun Baik untuk Otak

Susu Pengganti Ketika Anak Alergi Protein Susu Sapi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini