Sukses

Bahaya Terlalu Banyak Makan Kue dan Cokelat: Pikun

Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis memicu kepikunan saat tua.

Liputan6.com, London - Bagi Anda penggemar aneka makanan manis kaya gula seperti cokelat dan kue sebaiknya mengurangi asupan makanan tersebut. Sebauh studi yang dilakukan di Washington University menunjukkan terlalu banyak mengonsumsi makanan manis memicu kepikunan saat tua.

Penelitian yang menggunakan tikus sebagai objek penelitian menunjukkan tingkat gula darah yang tinggi meningkatkan jumlah protein bernama amyloid protein beta. Protein berbahaya ini akan mengganggu sel-sel otak dan membununuh sel saraf hingga akhirnya menyebabkan hilangnya memori dan kebinungunan.

Hasil penelitian ini makin menguatkan studi-studi sebelumnya yang menyatakan diabetes terkait erat dengan kepikunan.

"Hasil penelitian ini menunjukkan diabetes maupun kondisi lain yang membuat sulit mengontrol gula darah berdampak merugikan otak dan memperburuk kondisi neurologis seperti penyakit Alzheimer," terang peneliti utama, dokter Shannon Macauley seperti dilansir laman Express, Kamis (7/5/2015).

Menanggapi hasil peneltiian ini, Laura Phipps dari Alzheimer's Research UK menyatakan bahwa keterkaitan antara diabetes dan penyakit Alzheimer perlu diteliti kembali. "Ada bukti besar yang menghubungkan diabetes dan peningkatan risiko kepikunan namun mekanisme biologis yang menjelaskan hal tersebut masih kurang jelas sehingga butuh penelitian lanjutan," tambah Phipps.

Baca Juga:

Konsumsi Bayam Bisa Kurangi Risiko Pikun

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.