Sukses

Kehebatan Imunisasi yang Harus Diketahui Para Orangtua

Imunisasi telah berhasil mencegah kematian sekitar dua sampai tiga juta setiap tahun, dan dapat melindungi si kecil dari penyakit

Liputan6.com, Jakarta Imunisasi telah berhasil mencegah kematian sekitar dua sampai tiga juta setiap tahun, dan dapat melindungi si kecil dari penyakit seperti dari sejumlah penyakit, seperti difteri, pertusis, tetanus, hepatitis B, polio dan campak, pneumonia, hingga meningitis. Untuk itu, pantas bila imunisasi disebut sebagai pencegahan paling murah.

Sayang, masih banyak orangtua memiliki anggapan miring terhadap imunisasi, yang membuat mereka enggan mengimunisasi anak-anaknya. Terbukti, 22 juta bayi di dunia belum mendapat imunisasi dasar lengkap, termasuk di dalamnya anak-anak Indonesia.

Direktur Bina Kesehatan Anak Republik Indonesia, Dr. Elizabeth Jane mengatakan, situasi memprihatinkan ini mendorong langkah global termasuk Indonesia melaksanakan Pekan Imunisasi Dunia, untuk meningkatkan cakupan imunisasi tinggi dan merata.

"Pelaksanaan kegiatan ini tidak dapat berjalan optimal tanpa adanya keterlibatan semua pihak, baik pemerintah, swasta, dan masyarakat," kata Jane di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, ditulis Jumat (24/4/2015)

Sejak dasa-warsa terakhir, lanjut Jane, sukses yang telah berhasil dicapai di antaranya;

1. Keberhasilan dalam pembasmian atau eradikasi cacar pada 1974, suatu penyakit menular yang sangat cepat penyebarannya dan banyak menimbulkan kesakitan, kecacatan, dan kematian.
2. Capaian Indonesia Bebas Polio di mana pada 27 Maret 2014 ditandai dengan dikeluarkannya Sertifikat Bebas Polio dari WHO.
3. Penurunan lebih dari 90 persen angka kesakitan dan kematian akibat difteri, pertusis, dan batuk 100 hari bila dibanding 20 tahun lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.