Sukses

Wine Cegah Jantung Koroner? Ah Itu Belum Pasti

Apa benar konsumsi wine ampuh cegah jantung koroner?

Liputan6.com, Jakarta - Penelitian terkait konsumsi anggur atau wine ampuh cegah jantung koroner kerap digunakan oleh peminum berat untuk minum dalam jumlah banyak.

Konsumsi wine diakui Hepatolog Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI), dr Femmy Nurul Akbar SpPD KGEH memang dapat mencegah jantung koroner. Tapi, takaran kecil, tidak berlebihan.

"Wine mengandung antioksidan. Bila dikonsumsi dalam takaran yang sangat kecil, manfaat itu akan didapat. Namun saya ingatkan, sifat penelitian itu hanya sementara, belum pasti," kata Femmy saat dihubungin Health-Liputan6.com ditulis Sabtu (18/4/2015)

Jika wine diminum dalam jumlah berlebih, lanjut Femmy, kandungan antioksidan jadi menurun dan sangat berbahaya. "Kalau jumlahnya kecil, efek bagi kesehatan ada. Bila jumlahnya sudah berlebihan, bukan manfaat yang didapat, tapi musibah," kata Femmy.

Lagipula, untuk mendapatkan manfaat dari antioksidan, bisa kita temui di buah-buahan.

"Bahkan, kandungan antioksidan di buah lebih tinggi daripada di wine atau anggur itu," kata Femmy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini