Sukses

94 Juta Orang Indonesia Menderita Kolesterol Tinggi

Proporsi orang dengan koloesterol tinggi atau hiperkolesterolemia di Indonesia ternyata cukup tinggi, yaitu sebesar 35,9 persen.

Liputan6.com, Jakarta Proporsi orang dengan koloesterol tinggi atau hiperkolesterolemia di Indonesia ternyata cukup tinggi, yaitu sebesar 35,9 persen. Jadi, kalau penduduk Indonesia 260 juta, penderita gangguan kolesterol sejumlah 94 juta. Bahkan pada penduduk perkotaan 39,5 persen lebih tinggi dibandingkan di daerah pedesaan yang sebesar 32,1 persen.

Yang menarik, para ahli jantung di dunia sedang mengembangkan terapi terbaru dyslipidemia terbaru yaitu yang disebut PCSK9. Sebuah inhibitor yang telah terbukti mampu menambah penurunan kadar kolesterol dalam darah secara efektif.

Hal ini menjadi salah satu pembahasan dalam pertemuan ilmiah tahunan ASMIHA (Annual Scientific Meeting of Indonesian Heart Association)
2015 di Jakarta.

Inhibitor PCSK9 sendiri memang menjadi isu menarik di kalangan medis belakangan ini. Sebab berbeda dengan statin, Inhibitor antibodi ini bekerja dengan menghambat hati dan memproduksi kolesterol baik (LDL) sehingga akan lebih efektif. Kendati demikian, masyarakat harus bersabar lantaran PCSK9 ini baru masuk tahap uji pada manusia tahun depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini