Sukses

5 Makanan untuk Tingkatkan Kesuburan

Gizi yang baik berpengaruh terhadap kesuburan seseorang.

Liputan6.com, London - Satu dari tujuh pasangan mengalami kesulitan kehamilan dan biasanya tanpa disertai alasan jelas. Lalu apa yang harus dilakukan bagi mereka yang mengusahakan kehamilan? Salah satu ahli gizi berpendapat bahwa pola makan yang baik dapat mempengaruhi kesehatan sperma dan sel telur agar bisa hamil.

Ia adalah Isabelle Obert dari Nurture Me Fertility yang memercayai bahwa mengonsumsi makanan kaya mineral, vitamin, lemak esensial dan protein bisa membantu mempersiapkan tubuh pria dan wanita untuk bisa menghasilkan keturunan.

"Saya percaya bahwa gizi sangat penting untuk kesuburan," terang Obert seperti dilansir Daily Mail, Selasa (6/4/2015).

"Paparan bahan kimia yang menganggu, radikal bebas serta stres biasanya berdampak pada kualitas pada sperma dan sel telur," tambahnya.

Padahal, kualitas sel telur dan sperma yang baik berpengaruh terhadap kesuksesan hamil, kehamilan, kesehatan bayi, hingga tumbuh dewasa.

Untuk mempersiapkan sperma dan sel telur demi meningkatkan kesuburan, Obert menyarankan beberapa makanan yang bisa meningkatkan kesuburan, diantaranya:

1. Avokad
Buah berdaging kuning ini kaya mineral, vitamin, lemak esensial, protein, karbohidrat dan serat. Kandungan Vitamin E di dalamnya menurut penelitian bermanfaat dalam meningkatkan lapisan endometrium (lapisan rahim). Buah ini pun membantu implantasi embrio yakni penempelan embrio pada rahim.

2. Butternut squash

Foto: parentinghealthybabies.com

 

Namanya jarang terdengar namun salah satu jenis labu ini bisa ditemukan di supermarket. Sayuran yang satu ini paling bergizi dan sehat yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan.
Salah satu kandungan penting di dalamnya, yakni beta karoten, dikenal baik untuk meningkatkan produksi hormon progesteron. Selain itu sayuran ini pun baik untuk meningkatkan kualitas dan jumlah sperma menurut jurnal Fertility and Sterility.

3. Beetroot
Salah satu jenis umbi-umbian ini kaya akan antioksidan resveratrol, yang terkait memerangi infertilitas. Umbi ini pun kaya nitrat yang dikenal untuk meningkatkan aliran darah.

4. Salmon
Salah satu jenis ikan ini kaya nutrisi seperit protein dan omega 3. Penelitian telah menunjukkan omega 3 bantu untuk mengatasi infertilitas pada perempuan.
Namun secara umum, salmon merupakan salah satu sumber makanan yang baik untuk sistem kardiovaskular, mendukung fungsi otak dan kesehatan mata.

5. Buah delima
Zaman Persia Kuno, buah delima dianggap sebagai simbol kesuburan. Lalu, beberapa penelitian menunjukkan mengonsumsi delima selama kehamilan dapat mencegah kerusakan otak pada bayi.
Secara umum, delima merupakan buah yang kaya nutrisi termasuk Vitamin C dan K serta asam folat. Juga kaya sifat antipenuaan dan sifat antikanker sehingga membatu menjaga kesehatan tubuh. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini