Sukses

4 Faedah Kembang bagi Kesehatan

Inilah manfaat kembang kol, sayuran hasil silang antara kubis dan brokoli

Liputan6.com, Jakarta - Konsumsi kembang kol datangkan manfaat bagi tubuh. Sayuran hasil silang antara kubis dan brokoli ini kaya vitamin dan mineral, cocok dikonsumsi ketika diet.

Kembang kol menyimpan banyak vitamin seperti tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, dan asam folat. Juga mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin K juga ada di dalam sebatang kembang kol. Kembang kol menawarkan sumber protein terbaik, fosfor, mangan, dan kalium.

Berikut manfaat rutin mengonsumsi kembang kol, seperti dikutip dari situs Health Me Up, Kamis (2/4/2015)

1. Antioksidan

Sayuran kaya vitamin C, beta-karoten, kaempferol, asam sinamat, dan quercetin mampu sediakan sel-sel tubuh dengan pertahanan memadai terhadap serangan spesies oksigen reaktif.

2. Kesehatan otak

Sumber kolin terbaik ada di kembang kol. Bila selama hamil asupan kolin tercukupi, dapat tingkatkan aktivitas otak bayi selama di rahim.

3. Cegah kanker

Kembang kol merupakan sumber sulforaphane, senyawa yang hancurkan sel-sel induk kanker, sehingga perlambat pertumbuhan tumor. Sejumlah ilmuwan percaya, salah satu cara kendalikan kanker adalah dengan hancurkan sel-sel induk kanker.

4. Pencernaan

Secangkir kembang kol rebus tawarkan 3,35 gram serat yang baik bagi pencernaan. Ketika serat masuk ke tubuh, dapat tingkatkan sistem pencernaan dan bantu hilangkan racun-racun.



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.