Sukses

4 Penyebab Gigi Sensitif yang Kerap Diabaikan

Gigi sensitif bukanlah hal yang bisa dianggap sepele

Liputan6.com, Jakarta Gigi sensitif bukanlah hal yang bisa dianggap sepele. Setiap hari kita mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki berbagai jenis karakter, baik itu panas, dingin, manis, asam, dan sebagainya. Yang belum kita sadari, ternyata interaksi gigi dengan berbagai karakter makanan menimbulkan reaksi yang berbeda-beda, termasuk rasa ngilu akibat gigi sensitif.

Lantas apa yang menyebabkan gigi sensitif? Menurut GSK Oral Care Expert Marketing Consultant, Laura Zaizavonna, rasa ngilu akibat gigi sensitif terjadi karena ada penipisan pada lapisan luar gigi sehingga lapisan tengah gigi, yang disebut dengan ‘dentin’ menjadi terbuka.

"Dentin terdiri atas tabung-tabung kecil yang menyambung ke ujung saraf dan dipenuhi dengan cairan. Apabila dentin yang terbuka ini terkena rangsang dari makanan atau minuman yang dingin, panas, manis, ataupun asam, maka dapat menyebabkan cairan ini bergerak. Gerakan cairan inilah yang menyebabkan ujung saraf bereaksi dan memicu timbulnya rasa ngilu yang pendek tajam," katanya, seperti ditulis Rabu (1/4/2015).

Penyebabnya gigi sensitif bisa bermacam-macam, kata dia. Selain cara menyikat gigi yang salah, gangguan pada gusi dan jaringan penyangga gigi, kebiasaan buruk Clenching/bruxism dan penipisan atau hilangnya lapisan terluar gigi (email/sementum) yang menyebabkan dentin terbuka bisa menjadi pemicu gigi sensitif.

"Yang harus disadari untuk mengatasi gigi sensitif, bisa dilakukan dengan penggunaan pasta gigi dengan teknologi NovaMin yang mampu membentuk kembali lapisan mineral gigi yang alami untuk melindungi area gigi yang sensitif. Teknologi ini bekerja secara  alami saat bercampur dengan air liur di dalam mulut, di mana ia akan menghasilkan ion kalsium dan fosfat yang membantu pembentukan kembali lapisan mineral gigi pada dentin," jelasnya.

Di sisi lain, dua orang profesor dari University of Maryland, Baltimore, Amerika Serikat, yaitu Dr. Gary Hack dan Dr. Leonard Litkowski, mengembangkan teknologi ini mengungkapkan, Novamin sebagai solusi terdepan untuk mengatasi dan melindungi gigi dari rasa ngilu akibat gigi sensitif secara cepat dan efektif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.