Sukses

Temulawak, dari Penambah Nafsu Makan Hingga Obat Maag

Tanaman asli Indonesia merupakan tanaman yang menghasilkan rimpang atau ubi akar yang berkhasiat sebagai tumbuhan herbal (tumbuhan obat).

Liputan6.com, Jakarta - Temulawak kerapkali jadi musuh anak-anak yang tak doyan makan. Bagaimana tidak. Banyak ibu menggunakan rimpang ini untuk mencekoki mereka dengan maksud supaya nafsu makannya meningkat. Ya, tanaman asli Indonesia ini hidup di dataran Maluku, Jawa, dan Kalimantan. Bagian akar rimpangnya yang kerap digunakan ini berkhasiat obat. 

Selain merangsang nafsu makan, tanaman yang dikategorikan jahe-jahean ini memiliki sejumlah manfaat lain, antara lain :

1. Obat penyakit asma

Dengan menyiapkan satu setengah rimpang temulawak dan satu potong gula aren, temulawak dapat digunakan sebagai obat asma. Cara membutnya : iris tipis temulawak dan keringkan, lalu direbus dengan lima gelas air ditambah sepotong gula aren, hingga menyisakan tiga gelas. Setelah itu disaring, dan siap diminum.

2. Obat sakit maag

Penyakit yang banyak diderita orang Indonesia ini dapat diobati dengan curcuma. Caranya, ambil satu rimpang, iris-iris, kemudian angin-anginkan sebentar saja. Setelah itu, rebus dengan 5 sampai 7 gelas air sampai mendidih. Saringlah, kemudian minumlah satu kali sehari sebanyak satu gelas.

"Curcuma atau temulawak memang terbukti banyak memiliki khasiat yang tinggi bagi kesehatan, hanya saja kesibukan masyarakat kota yang sudah sangat tinggi, membuat proses pengolahan temulawak tentunya terasa merepotkan. Karena itu kami menghadirkan beragam produk yang berbahan dasar temulawak, setelah melalui beragam penelitian untuk mendapatkan manfaat terbesar dari temulawak," kata Kiki seperti dikutip dari keterangan pers yang diterima Health-Liputan6.com pada Selasa (31/3/2015). 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini