Sukses

Tak Cuma untuk Tulang, Minum Susu pun Baik untuk Otak

Penelitian terbaru dari Amerika Serikat sebutkan bahwa susu juga baik untuk kesehatan otak.

Liputan6.com, London - Selama ini konsumsi susu  bermanfaat untuk kesehatan tulang. Namun baru-baru ini peneliti Amerika Serikat membuktikan susu juga baik untuk otak terutama mencegah penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Menurut studi ini, ada hubungan erat antara mengonsumsi susu tiga gelas per hari dengan tingkat antioksidan alami yang lebih tinggu atau glutathione pada otak orang dewasa. Antioksidan yang kuat dapat meminimalkan kerusakan sel-sel otak dari radikal bebas, serta hal-hal lain yang dapat merusak sel otak.

Profesor Neurologi, In-Young Choi dan Profesor Nutrisi Debra Sullivan dari University of Kansas Medical Center yang melakukan penelitian ini menyatakan mereka ingin mengetahui lebih lanjut bahwa susu tidak hanya penting untuk tulang dan otot. "Studi ini membuktikan konsumsi susu baik juga untuk otak Anda," terang mereka seperti dilansir laman Daily Mail, Jumat (27/3/2015).

Sebanyak 60 orang dewasa terlibat dalam penelitian ini. Mereka ditanyai mengenai konsumsi susu sehari-hari. Kemudian dipindai otaknya untuk memantau tingkat glutathione di dalamnya.

Hasilnya, mereka yang banyak minum susu memiliki lebih banyak glutathione dalam otak. Tingkat glutathione berada pada kadar paling tinggi bila seseorang minum tiga gelas susu per hari. Ini menunjukkan meningkatnya antioksidan dalam otak.

"Antioksidan adalah sistem pertahanan tubuh melawan kerusakan dan kadar antioksidan dalam tubuh dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti penyakit dan gaya hidup," terang dr. Choi.

Dr. Sullivan pun mengingatkan, kadar antioksidan otak yang tidak optimal akan mengakibatkan kerusakan. Karena itu segera ubah gaya hidup dengan olahraga dan pola makan sehat seperti asupan susu salah satunya yang berdampak besar bagi kesehatan otak.

Penelitian tentang manfaat susu bagi otak pun pernah dilakukan oleh Universitas Oxford yang memperlihatkan kandungan Vitamin B12 mengurangi kerusakan saraf seperti Alzheimer.

 

Baca Juga:

Reguk Sejuta Manfaat dari Segelas Susu Cokelat

Minum Susu Bisa Kurangi Nyeri Saat Menstruasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini