Terkuak, Cara Memasak Cokelat Untuk Kesehatan

Oleh Fitri Syarifah pada 27 Mar 2015, 15:06 WIB
Diperbarui 27 Mar 2015, 15:06 WIB
Minum Susu Cokelat, Yuk!
Perbesar
Tidak sedikit orang yang menyukai susu cokelat. Berikut manfaat yang dirasa dari susu cokelat yang Anda minum

Liputan6.com, Jakarta Sebagian dari Anda mungkin telah mengetahui kalau cokelat memiliki manfaat kesehatan seperti kandungan theobromine yang tinggi untuk menangkal stres serta mengandung zat antioksidan berkadar tinggi. Tapi ada yang lebih menarik, penelitian di Belgia menemukan cara memasak cokelat yang benar tanpa menghilangkan manfaat kesehatan.

Seperti diberitakan Newser, Kamis (27/3/2015) para peneliti dari Belgia Ghent University dan University of Ghana mengungkapkan bagaimana sebuah proses memasak ternyata mempengaruhi manfaat dalam cokelat.

"Biji kakao dikeluarkan kemudian difermentasi dalam keranjang, dijemur, kemudian dipanggang. Dalam proses memanggang, biasanya polifenol, yang bertindak sebagai antioksidan sebagian hilang, namun penelitian menunjukkan proses yang disbeut pulp preconditioning," kata Emmanuel Ohene Afoakwa.

Penelitian yang akan dipublikasikan dalam American Chemical Society di Denver ini juga menerangkan, durasi pemanggangan bisa menjadi kunci untuk mengurangi kepahitan cokelat.

"Daripada memanggang 10 sampai 20 menit pada 248-266 derajat, menurunkan suhu ke 242 dan menaikkan waktu pemanggangan sampai 45 menit, akan menjaga antioksidan," tukas peneliti.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya