Sukses

Mengapa Makanan Manis Bikin Gigi Berlubang?

Asupan gula berlebihan harus dihindari bila tak ingin rongga mulut mengalami kesakitan

Liputan6.com, Jakarta - Asupan gula berlebihan harus segera dihindari bila tak ingin rongga mulut mengalami kesakitan. Bukan berarti Anda harus menghindarinya sama sekali, karena bagaimana pun makanan mengandung gula dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi.

drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent., MDSC, menjelaskan bahwa zat gula di dalam rongga mulut dapat menjadi santapan bagi bakteri dan diubah menjadi asam. Nantinya, asam inilah yang dapat merusak lapisan email gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

"Terlebih bagi anak-anak. Supaya gigi mereka tak gampang berlubang, asupan gulalah yang harus diperhatikan," kata Head of Professional Relationship Oral Care PT. Unilever Indonesia Tbk menyambut Hari Kesehatan Gigi Sedunia di Sentul City, Bogor, Jawa Barat ditulis Sabtu (21/3/2015)

Berhubung makanan manis begitu sulit dipisahkan dari kehidupan seorang anak, hal-hal yang dapat dilakukan orangtua supaya gigi si buah hati senantiasa sehat adalah dengan mengingatnya atau mengajaknya untuk membersihkan giginya setelah mengonsumsi susu. Setidaknya, berkumurlah dengan air putih.

Bagi seorang bayi, balita, atau seorang anak yang sulit meminum susu dari gelas, lanjut Mirah, usahakan tidak membiasakannya mengedot susu seblum tidur. Sebab, itu sama saja dengan merendam gigi anak ke dalam minuman manis seperti susu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini