Sukses

Mengapa Perlu Bersihkan Lidah Setiap Hari?

Tak cuma gigi yang rutin dibersihkan setiap hari, lidah pun sama.

Liputan6.com, New York Menggosok gigi pada pagi dan malam hari nampaknya sudah jadi kebiasaan yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Namun, membersihkan lidah setiap hari belum jadi kebiasaan karena tidak diketahui apa manfaatnya.

Menurut dokter gigi kosmetik dari New York, Pia Lieb, DDS membersihkan lidah merupakan salah satu cara untuk menjaga kebersihan mulut yang bisa menimbulkan penyakit gusi dan hal ini terkait dengan penyakit jantung.

Selain sebagai salah satu cara untuk membersihkan mulut, penelitian di Belgia temukan bahwa lidah yang telah dibersihkan dua minggu berturut-turut membuat orang tersebut mampu merasakan sesuatu lebih baik dibandingkan yang tidak pernah dibersihkan.

Cara membersihkan lidah pun cukup mudah, yakni Anda tinggal pergi ke apotek maupun toko swalayan membeli scraper lidah atau tongol. Alat ini mampu mencapai bagai lidah paling belakang. Rutin memberseihkannya tiap hari membuat permukaan lidah bebas plak sisa makanan serta bakteri di atasnya. Sesudahnya tinggal berkumur dengan air bersih.

Dokter Lieb menganjurkan untuk membersihkan lidah dua kali sehari, terutama pada pagi dan malam. Hal ini disebabkan bakteri anaerobik yang biasanya berkembangbiak pada kondisi gelap, lembap dan hangat, seperti kondisi mulut saat tidur.

Mudah bukan membersihkan lidah? Lakukan setiap hari dan dapatkan manfaatnya.

 

Baca Juga: 

Bondan Winarno: Sikat Gigi Juga Harus Sikat Lidah

8 Makanan Penyegar Mulut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini