Sukses

Tubuh Selalu Merasa Lelah, Ada Apa Ya?

Ketahui 7 penyebab tubuh merasa mudah mengantuk dan lelah berikut ini.

Liputan6.com, New York- Aktivitas baru berjalan setengah hari, tapi mengapa sudah mengantuk, menguap dan rasanya sudah lelah ya? Ternyata ada beberapa hal yang membuat kondisi ini terjadi pada tubuh Anda.

Dilansir dari Buzzfeed, Kamis (19/3/2015) ini beberapa hal yang bisa jadi sebabkan tubuh sering merasa lelah.

1. Terlalu banyak tidur di akhir pekan
Gara-gara sibuk beraktivitas di hari kerja, membuat banyak pekerja balas dendam tidur di akhir pekan. Jika Anda memiliki kebiasaan ini tak heran jika sering merasa lelah karena jam tidur Anda berubah seperti diungkapkan penulis buku The Exhaustion Breakthrough, Holly Phillips, MD. Cobalah untuk menjaga agar jadwal tidur lebih teratur setiap harinya agar tubuh memiliki ritme tidur.

2. Menatap layar sebelum tidur
Jujur saja, menonton TV? Cahaya biru yang dihasilkan dari alat elektronik di sekitar Anda dapat menganggu pelepasan hormon melatonin, hormon yang membuat Anda tertidur seperti diungkapkan Phillips.
Lalu, ketika mengecek media sosial atau email yang masuk saat terbangun karena ingin buang air kecil membuat Anda lebih waspada dengan segera. Akibatnya tubuh merasa kelelahan karena sering merasa terjaga saat tidur.

3. Kurang tidur
Rata-rata orang dewasa butuh tidur 7-9 jam per malam, Anda sudah memenuhinya atau belum? Aturlah jam tidur Anda agar tubuh memiliki ritme tidur yang cukup.
Namun bukan berarti Anda sudah tidur dari jam 10 malam hingga 5 pagi setiap hari tidak menjamin bebas dari rasa lelah. Menurut kepala National Sleep Foundation, Charles Czeisler, Ph.D, MD tidur yang baik tidak hanya mengenai durasi dan kualitas tidur..

4. Ketergantungan kopi
Ketergantungan pada kopi membuat tubuh Anda akan merasa lelah ketika tidak minum kopi. "Ketika Anda bergantung pada kopi terlalu banyak, membuath energi menurun," terang Phillips.

"Saya sarankan hanya memiliki jumlah kafein yang tidak terlalu banyak," terang Phillips. Sehingga ketika tidak mengonsumsi kopi tidak terlalu memengaruhi Anda.

5. Tidak berolahraga
Tubuh yang aktif berolahraga secara rutin meningkatkan kadar endorfin yang membantu Anda mudah tidur. Ada juga penelitian yang sebutkan bahwa mereka yang berolahraga pagi hari memiliki pola tidur terbaik yang buat tubuh jadi segar keesokan harinya.
Namun, bagi Anda yang berolahraga berlebihan juga bisa sebabkan tubuh merasa kelelahan. Jadi, berikan jeda dalam berolahraga agar tubuh cukup untuk beristirahat dan Anda tidak merasa kelelahan.

6. Kekurangan beberapa vitamin
Bila tubuh kekurangan zat besi, Vitamin D, Vitamin B12, kalsium membuat tubuh mudah merasa lelah. Namun bukan berarti memenuhinya dengan suplemen, bisa dengan makanan yang di sekitar.

7. Tubuh kurang air
Tubuh kekurangan cairan membuat rasa lelah mendera. Segera minum segelas air putih sebelum Anda membuat kopi. Dan pastikan setiap setengah jam Anda minum air putih.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini