Sukses

Kala Virus Rabies Serang Manusia, Fatal Akibatnya

Manusia yang tergigit anjing terinfeksi rabies sebabkan kelumpuhan.

Liputan6.com, Jakarta Pasti istilah rabies sering kita dengar, namun tahukah Anda bagaimana penyakit menyerang anjing ini ada di manusia dan apa dampaknya?

Penyakit rabies merupakan penyakit yang ada pada anjing. Hal ini disebabkan karena anjing tersebut tidak mendapatkan vaksin rabies. Penyakit ini bersifat zoonosis yang artinya bisa ditularkan dari hewan ke manusia.

"Jadi penyakit yang disebabkan oleh virus ini ditularkan lewat gigitan hewan yang terinfeksi rabies. Air liur yang mengandung rabies masuk lewat gigitan masuk ke dalam sel saraf, yang diserang adalah bagian otak bernama hipokampus," terang dokter terang dokter hewan yang bertugas di shelter Jakarta Animal Aid Network, Merry Ferdinandez kepada Health-Liputan6.com ditulis Jumat (13/3/2015).

Masuknya virus rabies pada tubuh manusia sebabkan hal yang fatal pada manusia dan tidak ada pengobatan yang sebabkan kematian.

"Apa yang terjadi pada manusa hampir sama yang terjadi pada hewan, dimana muncul ketakutan terhadap cahaya, susah menelan air karena fungsi tenggorokannya terganggu, hingga akhirnya sebabkan kelumpuhan," jelas drh. Merry.

Oleh karena itu, ia mengingatkan kepada pemilik hewan peliharaan anjing untuk memvaksin rabies secara berulang setiap tahun. Hewan sehat, Anda pun jauh tertular rabies.

 

Baca Juga:

Gejala Rabies, Mirip `Orang Gila`

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.