Sukses

Cara Ampuh Bebas dari Kanker Usus Besar

Makan daging telah lama disebut sebagai faktor risiko kanker usus besar atau kanker kolorektal. Sedangkan sayuran, mampu mencegahnya

Liputan6.com, Jakarta - Sudah sejak lama sejumlah makanan disebut mampu mencegah atau bahkan menjadi faktor risiko dari segala jenis kanker, termasuk kanker kolorektal atau kanker usus besar

Mengonsumsi daging merah memiliki hubungan yang erat dengan peningkatan risiko kanker kolorektal yang kini berada di posisi tiga jenis kanker paling ditakuti. Para peneliti pun menyarankan untuk menjalani diet tinggi serat agar terhindar dari kanker kolorektal.

Baca juga : Tiga Pilihan Skrining untuk Deteksi Kanker Usus Besar

Beberapa tahun lalu, 77.000 orang dewasa dilibatkan dalam satu penelitian yang dilakukan Loma Linda University di California, Amerika Serikat. Mereka yang menjalani diet tinggi serat berada pada risiko yang lebih rendah dari kanker kolorektal atau usus besar dan kanker rektum dibandingkan oleh mereka yang tidak melakukannya.

"Mereka yang diet tinggi serat, memiliki risiko 22 lebih rendah untuk semua jenis kanker, 19 persen untuk kanker kolorektal, dan 29 lebih rendah dari risiko kanker dubur (kanker rektal)," kata Michael J. Orlich dari Loma Linda University dikutip dari situs Health Me Up pada Kamis (12/3/2015)

Dilanjutkan Michael, penelitian ini juga menunjukkan bahwa individu yang menjalani pola hidup sebagai vegetarian dan menjauhi diri dari aktivitas tidak menyehatkan seperti mengonsumsi alkohol, tidak mau bergerak, dan merokok dapat terhindar dari serangan kanker.

Selain itu, penelitian yang telah diterbitkan ke dalam JAMA Internal Medicine dapat terhindar dari risiko obesitas, hipertensi, diabetes, dan kematian dini akibat penyakit kardiovaskular lainnya.

Michael juga berpesan jadilah seorang vegetarian untuk menurunkan risiko kanker kolorektal.

Baca juga : Siapa Saja yang Berisiko Terkena Kanker Usus Besar?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini