Sukses

Saat Udara Dingin dan Rajin Minum, Normalkah Sering Pipis?

Tetap penuhi asupan cairan tubuh meski udara dingin dan buat Anda sering pipis.

Liputan6.com, Jakarta Kala hujan deras di luar ditambah udara dingin dari penyejuk ruangan kerap kali membuat orang enggan untuk banyak minum air putih karena biasanya membuat jadi sering buang air kecil alias pipis. Tapi sebenarnya, tak masalah bila Anda sering pipis dalam kondisi ini karena normal.

"Saat udara dingin dan kita banyak minum, memang normal kalau sering pipis, memang pasti pengeluaran cairan lewat urine itu lebih banyak," terang perwakilan penulis buku Pedoman Kebutuhan Cairan bagi Pekerja agar Tetap Sehat dan Produktif, dr. Maya Setyawati, MKK, SpOk di Hotel Le Meredien ditulis Selasa (10/3/2015).

Menurut dokter Maya, bertambahnya frekuensi buang air kecil pada saat suhu udara dingin bukanlah sebuah penyakit melainkan reaksi fisiologis tubuh untuk beradaptasi dengan lingkungan dengan cara volume urine bertambah banyak.

"Saat suhu udara dingin ada hormon tubuh yang menurun bernama ADH atau antidiuretik hormone. Kala ADH turun produksi urine jadi meningkat," jelas dokter yang juga sekretaris Perhimpunan Spesialis Kedokteran Okupasi Indonesia (PERDOKI).

Yang malah jadi tanda tanya adalah bila udara dingin dan banyak minum namun tidak sering pipis, jangan-jangan ini tanda fungsi ginjal tidak baik seperti diungkapkan dokter Maya.

 

Baca Juga:

Tak Cuma Atasi Haus, Minum Air Putih Pagi Hari Bikin Anda Bahagia

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini