Kelor, Daun Ajaib dengan Beragam Manfaat

Oleh Benedikta Desideria pada 11 Mar 2015, 12:00 WIB
Diperbarui 11 Mar 2015, 12:00 WIB
Daun Kelor
Perbesar
(moringa.co.id)

Liputan6.com, Bekasi Kelor (Moringa oleifera) merupakan salah satu tanaman yang bisa tumbuh subur di beberapa wilayah Indonesia. Beberapa tahun terakhir popularitas manfaat kesehatan dari daun kelor melonjak tajam. Namun tidak sedikit juga yang belum mengetahui manfaatnya.

Menurut herbalis dari Yayasan Pengembangan Tanaman Obat Karyasari, Tati Winarto, daun kelor merupakan salah satu tanaman obat yang punya banyak kandungan gizi. Dua diantaranya Vitamin A dan kalsium.

"Kandungan Vitamin A dalam daun kelor berfungsi untuk menjaga kesehatan mata mulai dari mengurangi risiko mata minus, plus, silinder dan katarak. Daun kelor pun baik bila dikonsumsi oleh diabetesi untuk menjernihkan pandangan matanya," terang perempuan yang akrab disapa Ibu Tati saat berbincang dengan Health-Liputan6.com pada Selasa (10/3/2015).

Tak cuma itu, tanaman kelor yang masih mudah didapatkan di daerah-daerah pun ada baiknya diberikan kepada anak-anak yang kekurangan gizi untuk bantu perbaikan gizi. Misalnya diolah sebagai sayur bening yang tak kalah enaknya dengan sayuran lain seperti bayam maupun katuk.

Ibu menyusui pun disarankan untuk mengonsumsi daun yang berasal dari pohon yang sering disebut-sebut sebagai 'pohon ajaib' ini. Menurut Tati, tingginya kandungan gizi bisa menambah produksi air susu ibu yang baik untuk tumbuh dan kembang bayi.

Berbagai penelitian pun sebutkan manfaat dari daun kelor dalam bantu sehatkan tubuh. Yakni:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Manfaat lain daun kelor dalam aneka penelitian

Berbagai penelitian pun sebutkan manfaat dari daun kelor dalam bantu sehatkan tubuh seperti dilansir Live Strong, Selasa (10/3/2015), yaitu:

1. Melindungi tubuh dari bakteri
Ektrak daun kelor mengandung senyawa yang menunjukkan sifat antibakteri. Dalam penelitian yang diterbitkan dalam Bayero Journal of Pure and Applied Sciences, ekstrak daun kelor menghambat pertumbuhan mikroorganisme yang tidak baik untuk tubuh seperti Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa, Enterobacter aerogenes dan Escherichia coli.

2. Turunkan tekanan darah dan kolesterol
Salah satu manfaat tak terduga daun kelor yakni membantu menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol. Hal ini terbukti dalam sebuah artikel dalm jurnal Phytotherapy Research. Hal ini disebabkan daun kelor mengandung zat hiocarbamate glikosida, nitrile dan glikosida minyak mustard, yang membantu menurunkan tekanan darah.
Lalu, kandungan phytoconstituent bioaktif dalam daun kelor bantu jaga kadar kolesterol tetap sehat.

3. Lindungi ginjal
Makanan sehat bantu ginjal bekerja lebih baik, sebaliknya makanan tidak sehat seperti kaya lemak malah akan menumpuk di ginjal yang menyebabkan masalah kesehatan. Nah, dengan konsumsi daun kelor dapat membantu mengembalikkan mengembalikan kesehatan ginjal yang sudah tidak baik. Hal ini dibuktikan dalam studi yang dipublikasikan dalam Indian Journal of Experimental Biology edisi Juni 2012.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya