Sukses

Banyak Kasus Katarak di Makassar, Ini Penyebabnya

Letak geografis yang tak jauh dari garis khatulistiwa membuat Kota Makassar membuat kasus katarak meningkat

Liputan6.com, Makassar - Letak geografis yang tak jauh dari garis khatulistiwa membuat Kota Makassar memiliki panas yang begitu menyengat. Akibatnya, kasus katarak mengalami peningkatan di Kota Anging Mamiri ini.

"Saya tahu betul katarak di sini cukup banyak karena ultra violetnya yang tinggi sekali," kata Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nila Farid Moeloek saat meresmikan Gedung Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Makassar, Sulawesi Selatan pada Selasa (10/3/2015)

Baca juga :  15 Manfaat Nangka Bagi Kesehatan yang Tak Anda Ketahui


Kata Menkes, panasnya di Makassar akibat ultra violetnya belok ke wilayah timur sedangkan lapisan ozon berlubang di Pulau Jawa. "Kami yang di Jakarta aman, sedangkan di sini tidak aman," kata Nila sembari bercanda.

Meski tak begitu hapal angka persisnya, tapi kondisi ini dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan, Rachmat Latief. Sebab, terang Rachmat, penyakit diabetes mengalami peningkatan. Baca juga : Waspadai Bila Mata Anak Mirip Mata Kucing, Bahaya

"Kan salah satu penyebab katarak adalah penyakit komplikasi diabetes," kata Rachmat.

Baca juga : Kenapa Wortel Baik untuk Mata?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.