Sukses

Sayur Bening Daun Kelor, Pas untuk Ibu Menyusui dan Balita

Sayur bening berbahan daun kelor, tak kalah lezat dengan daun katuk atau bayam. Manfaatnya? Tak kalah hebat.

Liputan6.com, Bekasi Tak cuma daun bayam, daun katuk atau oyong yang jadi bahan masakan membuat sayur bening, Anda pun bisa membuat masakan segar ini berbahan daun kelor. Usai menyantapnya tak hanya kelezatan yang dirasakan, tapi juga manfaat sehat bagi tubuh.

"Daun kelor merupakan salah satu tanaman yang punya kaya gizi diantaranya Vitamin A sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh balita agar ia memiliki kesehatan mata yang baik mencegah silinder maupun mata plus-minus. Selain itu kandungan kalsium dalam daun ini juga baik untuk mencegah osteoporosis pada saat dewasa," tutur herbalis dari Yayasan Pengembangan Tanaman Obat Karyasari, Tati Winarto.

Tak cuma itu, Ibu Tati, begitu ia akrab disapa ia sering disapa pun mengungkapkan bahwa sayur bening daun kelor ini pun baik dikonsumsi oleh ibu hamil untuk menambah Air Susu Ibu (ASI).

Perempuan yang menggeluti dunia herba sejak 1995 ini pun menyarankan cara memasak sayur daun kelor seperti diungkapkan kepada Health-Liputan6.com pada Selasa (10/3/2015).
- Ambil satu hingga tiga tangkai daun kelor, tergantung jumlah anggota keluarga.
- Petiki daun kemudian cuci bersih.
- Masukkan air kira-kira dua gelas air tunggu mendidih lalu masukkan daun kelor.
-Tambahkan daun salam, irisna bawang merah dan bawang putih, garam dan bisa juga sedikit gula merah.
- Cukup rebus kira-kira 10 menit.

Bisa disantap bersama nasi maupun hanya sayur bening saja.

 

Baca Juga:

Ini Manfaat Daun Kelor yang Mungkin Belum Anda Ketahui

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini