Sayur Bening Daun Kelor, Pas untuk Ibu Menyusui dan Balita

Oleh Benedikta Desideria pada 11 Mar 2015, 13:00 WIB
Diperbarui 11 Mar 2015, 13:00 WIB
Daun Kelor
Perbesar
Daun kelor.

Liputan6.com, Bekasi Tak cuma daun bayam, daun katuk atau oyong yang jadi bahan masakan membuat sayur bening, Anda pun bisa membuat masakan segar ini berbahan daun kelor. Usai menyantapnya tak hanya kelezatan yang dirasakan, tapi juga manfaat sehat bagi tubuh.

"Daun kelor merupakan salah satu tanaman yang punya kaya gizi diantaranya Vitamin A sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh balita agar ia memiliki kesehatan mata yang baik mencegah silinder maupun mata plus-minus. Selain itu kandungan kalsium dalam daun ini juga baik untuk mencegah osteoporosis pada saat dewasa," tutur herbalis dari Yayasan Pengembangan Tanaman Obat Karyasari, Tati Winarto.

Tak cuma itu, Ibu Tati, begitu ia akrab disapa ia sering disapa pun mengungkapkan bahwa sayur bening daun kelor ini pun baik dikonsumsi oleh ibu hamil untuk menambah Air Susu Ibu (ASI).

Perempuan yang menggeluti dunia herba sejak 1995 ini pun menyarankan cara memasak sayur daun kelor seperti diungkapkan kepada Health-Liputan6.com pada Selasa (10/3/2015).
- Ambil satu hingga tiga tangkai daun kelor, tergantung jumlah anggota keluarga.
- Petiki daun kemudian cuci bersih.
- Masukkan air kira-kira dua gelas air tunggu mendidih lalu masukkan daun kelor.
-Tambahkan daun salam, irisna bawang merah dan bawang putih, garam dan bisa juga sedikit gula merah.
- Cukup rebus kira-kira 10 menit.

Bisa disantap bersama nasi maupun hanya sayur bening saja.

 

Baca Juga:

Ini Manfaat Daun Kelor yang Mungkin Belum Anda Ketahui

 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya