Sukses

Teknologi 3 Dimensi Mudahkan Deteksi Kanker Payudara

Deteksi dini kanker payudara kini lebih mudah.

 

Liputan6.com, Jakarta Ditemukan teknologi baru di Amarillo, Texas yang bertujuan membantu deteksi kanker payudara. Menurut para Dokter, teknologi ini bisa mendeteksi kemungkinan kanker 41 persen lebih awal.

Dalam pemeriksaan payudara atau yang biasa disebut mamogram, beberapa orang seringkali harus kembali datang ke praktek untuk pemeriksaan tambahan. Ini disebabkan oleh kesulitan dalam mendeteksi bagi mereka yang memiliki jaringan payudara yang padat atau adanya kecenderungan kista.

Menurut newschannel10.com, Jumat (6/3/2015), Teknologi mamogram 3-dimensi mampu mengambil banyak gambar sekali periksa, membuat radiologis melihat seluruh bagian dalam payudara tanpa ada yang terlewati.

"Dalam stadium awal, kanker payudara punya kemungkinan sembuh hampir seratus persen. Namun persentase ini jatuh drastis saat tingkat stadium naik." Lova Arenivas, seorang radiologis payudara menjelaskan.

Ahli onkologi Texas mengungkapkan teknologi baru ini aman dengan ekspos radiasi yang rendah. Mamogram 3-dimensi ini juga membutuhkan waktu pemeriksaan yang sama dengan pemeriksaan 2-dimensi biasa.

Disarankan oleh para dokter, saat seseorang masuk umur 40 tahun, mereka harus melakukan mamogram tahunan karena resiko terkena kanker payudara meningkat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini