Sukses

6 Aturan Jaga Kebersihan Vagina

Kebersihan memengaruhi fungsi organ reproduksi perempuan.

Liputan6.com, New Delhi Jangan hanya perhatikan kebersihan wajah saja, perempuan pun seharusnya memerhatikan kondisi organ intim vagina. Hal ini akan memengaruhi fungsi reproduksi Anda.

Beberapa diantaranya tertuang dalam enam aturan jaga kebersihan vagina berikut seperti dilansir Times of India, Kamis (26/2/2015).

1. Jangan bersihkan gunakan sabun maupun disinfektan

"Kandungan bahan yang terdapat dalam sabun bisa memusnahkan bakteria baik yang tumbuh di area vagina yang berfungsi untuk melawan infeksi. Selain itu, sabun bisa membuat tingkat keasaman pada area genital ini berubah," terang dokter spesialis kebidanan dan kandungan, Meenakshi Ahuja.

2. Pastikan kering

Tidak hanya bersih, pastikan kondisi sekitar area organ intim kering. "Usai pipis maupun mandi pastikan seka di sekitar area organ intim dengan tisu atau handuk bersih," terang dokter Ahuja. Hal ini membuat bakteri dan jamur enggan untuk tumbuh.

3. Bersihkan dari depan ke belakang

Setiap kali buang air kecil, bersihkan organ intim dengan mengguyur dari arah depan hingga belakang untuk menghindari kontaminasi bakteri masuk ke vagina.

4. Pilih celana dalam berbahan katun

Kenakan celana katun namun jangan terlalu ketat agar sirkulasi udara terjaga dengan baik. Celana dalam ketat malah membuat area vagina jadi lembap sehingga jamur mudah tumbuh.

5. Rutin ganti pembalut saat menstruasi

Saat menstruasi rutin ganti pembalut agar tidak lembap.

6. Iringi dengan makan sehat

Pola makan berperan penting dalam memastikan kesehatan organ reproduksi Anda. Perbanyak makan buah, sayur serta ditambah yoghurt untuk menghindari jamur tumbuh berkembang di organ intim Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini