Sukses

Makan Telur Mentah Rahasia Panjang Umur?

Wanita yang diklaim tertua se-Eropa, Emma Morano mengatakan rutin mengonsumsi telur mentah adalah rahasia awet mudanya

Liputan6.com, Jakarta Wanita yang diklaim tertua se-Eropa, Emma Morano mengatakan rahasia umur panjangnya, yakni rutin mengonsumsi telur mentah. Menurut wanita yang kini berusia 115 tahun tersebut, makan telur mentah telah ia lakukan sejak remaja.

Seperti diberitakan Times, Senin (16/2/2015) Kebiasannya ini memang dia lakukan sejak menderita anemia. Ketika itu, dia diminta untuk memperbaiki asupannya dengan menambahkan konsumsi telur mentah.

Kendati demikian, dilihat dari sisi Gerintologi atau ilmu yang mempelajari penuaan melalui pendekatan biologis, psikologis, sosial, ekonomi, kesehatan dan lingkungan, ternyata tidak ada satu kunci utama yang pasti untuk membantu seseorang berumur panjang.

Seperti disampaikan Direktur Institute Longevity di University of Southern California, Valter Longo D bahwa jangan heran bila ketika bertanya pada 100 orang di usia senja, maka Anda akan mendapat 100 jawaban yang berbeda mengenai resep panjang umurnya. Namun berdasarkan studi, ada satu hal yang membuat hidup lebih lama yaitu pengendalian pola makan atau diet. 

Selain itu, faktor lingkungan dan gaya hidup, kata Longo, juga berpengaruh. "Morano rutin melakukan chek up sebulan sekali."

Hal ini dibenarkan dokternya, Dr Bava. Beliau mengatakan, Morano selalu bersyukur dan menerima proses penuaan. Keluhan yang dialaminya pun sama dengan orang tua khas pada umumnya yaitu nyri sendi dan sebagainya. Tapi yang perlu diperhatikan dan mungkin bisa dicontoh banyak orang adalah kesadarannya untuk melakukan check up kesehatan setiap bulan.

"Jika semua pasien saya seperti ini, saya mungkin memiliki banyak waktu untuk membaca surat kabar," tukas Bava, seperti ditulis Nytimes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.