Sukses

Penelitian Buktikan Manfaat Tidur Siang

Cukup 30 menit, stres berkurang dan daya tahan tubuh bertambah.

Liputan6.com, London Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Endocrine Society's Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism membuktikan bahwa tidur siang memiliki manfaat bagi tubuh terlebih bagi yang semalam kurang tidur. Tak perlu lama, cukup 30 menit dapat membantu menghilangkan stres dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Para peneliti menyebutkan bahwa hal ini sebaiknya dilakukan terutama bagi mereka yang semalam kurang tidur. "Berdasarkan data yang kami miliki, disarankan tidur siang selama 30 menit untuk memulihkan kembali hormon yang menurun akibat tidur yang kurang semalam," terang peneliti dari Université Paris Descartes-Sorbonne Paris Cité, dr Brice Faraut.

Peneliti mengklaim bahwa ini adalah studi pertama yang menemukan bahwa tidur siang dapat mengembalikan biomarker neuroendokrin yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh kembali ke tingkat normal seperti dilansir Daily Mail pada Kamis (12/2/2015).

Studi ini meneliti hubunungan antara kerja hormon dan tidur pada 11 partisipan berjenis kelamin laki-laki berusia 25-32 tahun. Mereka diminta untuk tidur cukup dan kekurangan waktu tidur yang kemudian diminta tidur siang pada keesokan hari.

Pada setiap sesi penelitian, urine dan air liur diambil kemudian melakukan analisis terhadap dampak hormon akibat tidur siang.

Kekurangan tidur di malam hari ternyata berdampak pada level interleukin-6, sebuah protein yang ditemukan dalam air liur. Namun, ketika keesokan hari orang ini tidur siang, bisa menormalkan kembali level interleukin-6. Hal ini baik berdampak baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga:

Tidur Siang, Murid Sekolah Ini Didenda Rp 2 Ribu 

Di Perusahaan Ini, Karyawan Boleh Tidur Siang

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini