Sukses

Pasien Jadi Obesitas Usai Jalani Transplantasi Tinja

seorang pasien tiba-tiba mengalami kenaikan berat badan drastis, bahkan tergolong obesitas setelah tiga tahun menjalani transplantasi tinja.

Liputan6.com, Jakarta Transplantasi tinja atau transplantasi mikrobiota feses (faceal microbiota transplant/FMT) akan dijalani oleh seorang pasien yang diketahui memiliki C. difficile infections, infeksi bakteri yang memengaruhi sistem pencernaan berlebih.

Tujuannya untuk menggantikan bakteri baik di dalam usus yang telah dibunuh. Sedangkan alasan lain adalah karena infeksi semacam ini dapat menyebabkan komplikasi yang dapat mengancam jiwa. 

Namun, karena kasus yang terjadi pada seorang pasien yang tiba-tiba saja mengalami kenaikan berat badan drastis, bahkan tergolong obesitas setelah tiga tahun menjalani transplantasi tinja, membuat para dokter harus menghindari pemilihan pendonor tinja yang mengalami kelebihan berat badan.

Pada 2011, seorang pasien wanita yang enggan disebutkan namanya harus menjalani transplantasi tinja dari seorang pendonor muda yang mengalami obesitas.

Saat memutuskan menjalani transplantasi tinja, berat badannya tergolong stabil dengan indeks massa tubuh (BMI) 26. Ini tergolong sehat dan normal. Namun, beberapa minggu setelah transplantasi tinja, berat badan menjadi `normal`. Dan 16 bulan kemudian, dia mengalami kenaikan berat badan yang cukup drastis, yang membuat BMI-nya mengalami peningkatan menjadi 33. Bila BMI lebih dari 30, artinya tergolong obesitas.

Saat berkonsultasi ke dokter, wanita itu dianjurkan untuk melakukan diet protein dan latihan di bawah pengawasan dokter. Nahas, upaya yang dijalaninya ini tidak menghasilkan apa-apa. Bahkan yang terjadi berat badannya terus saja bertambah.

Melihat kondisi semacam ini, Collen Kelly dari Warren Alpert Medical School of Brown University, mengatakan, dokter terus mempertanyakan apakah ada `sesuatu` yang terjadi saat transplantasi tinja ini dilakukan. "Apakah mungkin bakteri baik yang kita transfer memiliki dampak terhadap metabolisme tubuhnya dengan cara negatif," kata Collen.

Lebih lanjut Collen menjelaskan, kemungkinan besar seorang pasien akan mengalami kondisi ini apabila terdapat faktor lain di dalam dirinya, seperti genetik, penuaan, dan stres yang berhubungan dengan penyakit. Namun, dari catatan medis terhadap riwayat sang pasien, tidak pernah sekali pun mengalami kelebihan berat badan di sepanjang hidupnya.

Melansir Daily Mail, Minggu (8/2/2015), Ana Weil dan Elizabeth Hohmann dari Massachusetts General Hospital, mengatakan, kasus ini menimbulkan banyak pertanyaan tentang pemilihan donor. Dan menyoroti pentingnya mempelajari hasil jangka panjang dari transplantasi tinja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini