Gara-gara 5 Buah Ini, Kulit Bisa 'Kinclong'

Oleh Fitri Syarifah pada 06 Feb 2015, 09:32 WIB
Diperbarui 06 Feb 2015, 09:32 WIB
Gara-gara 5 Buah Ini, Kulit Bisa 'Kinclong'
Perbesar
Daripada melakukan penyinaran, mungkin lebih baik mengonsumsi sejumlah buah dan sayur yang mengandung karotenoid.

Liputan6.com, Jakarta Bukan rahasia lagi bila penyinaran radiasi ultraviolet ataupun lampu tanning dapat menyebabkan penuaan dini bahkan kanker kulit. Jadi daripada melakukan penyinaran, mungkin lebih baik mengonsumsi sejumlah buah dan sayur yang mengandung karotenoid.

Sebab seperti ditulis Health, Jumat (6/2/2015), karotenoid atau pigmen yang cenderung menghasilkan merah, oranye, atau warna hijau tua pada buah dan sayur, bisa membantu warna kulit Anda tetap cantik dari dalam dan luar. Penasaran? simak ulasannya:

1. Wortel

Sayur berwarna oranye ini mengandung vitamin A dan C serta memiliki sifat anti-inflamasi sehingga baik untuk kulit.

2. Tomat

Lycopene dan antioksidan berguna untuk melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas. Selain itu, tomat juga membantu menangkal kerusakan kulit akibat sinar matahari.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli juga sarat dengan antioksidan dan zat besi, sehingga terbukti membantu sirkulasi dalam darah yang pada akhirnya mencerahkan kulit.

4. Ubi jalar

Iya, ubi jalar. Salah satu sumber karbohidrat ini disebut-sebut memiliki kandungan terbaik dari karotenoid, ubi jalar juga sarat dengan kolagen dan vitamin C yang baik untuk kulit.

5. Melon

Melon memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dapat membantu melembabkan kulit dari dalam, sementara asam folat di dalamnya dapat membantu meregenerasi sel-sel sehingga kulit terlihat segar dan kenyal.