Sukses

5 Lokasi Makan yang Bikin Tubuh Gampang Melar

Tanpa disadari kelima lokasi makan berikut membuat lebih banyak makanan yang masuk ke tubuh.

Liputan6.com, New York Kondisi tempat makan ternyata memiliki peranan sangat besar terhadap kenaikan berat badan. Makan tidak di meja makan melainkan sambil melakukan sesuatu cenderung membuat seseorang mengonsumsi lebih banyak kalori.

Bila ingin menjaga maupun mengontrol berat badan usahakan makan di meja makan. Serta hindari lima tempat makan yang membuat berat badan mudah melonjak seperti dilansir Pop Sugar, Kamis (5/2/2015) berikut.

1. Makan sambil berdiri di dapur


Menemani istri atau ibu yang sedang memasak di dapur sambil makan, wah tentunya ada banyak makanan yang bisa diambil secara cepat. Tanpa sadar, sudah banyak gorengan atau lauk yang masuk ke mulut Anda.

2. Mobil


Tidak sempat makan di rumah atau buru-buru, makan di dalam mobil bisa jadi alternatif. Sambil menyetir dan makan membuat orang tersebut lebih sibuk memerhatikan jalanan dibandingkan makanan yang masuk ke perut. Sehingga, tidak diketahui seberapa banyak kalori yang dikonsumsi.


Biasanya, pilihan makanan yang dikonsumsi di mobil adalah makanan cepat saji yang pembeliannya dilakukan lewat drive-thru. Perlu diingat bahwa makanan cepat saji tinggi kalori.

3. Di depan layar TV


Masyarakat Indonesia gemar sekali makan bersama keluarga sambil menonton televisi. Fokus pada acara televisi membuat lupa kondisi perut sudah kenyang belum. Lalu, di televisi pun ada banyak iklan makanan yang mencetuskan ide untuk makan keripik, pizza, burger, cola.

4. Di meja kerja


Sibuknya pekerjaan sampai-sampai membuat Anda enggan bergerak meninggalkannya sejenak, termasuk saat makan. Bahkan saat makan masih sambil membuka layar komputer sehingga tak memerhatikan asupan makanan.

Selain itu, seringkali makan di meja kerja seperti terburu-buru, makan pun jadi cepat. Hal ini membuat otak tidak mampu mencatat makanan apa saja yang sudah masuk, perut pun tak merasa kenyang dan ingin makan lagi.

5. Di kasur


Makan di kasur bukanlah hal baik karena menciptakan makan tanpa berpikir sudah kenyang atau belum serta meninggalkan remah makanan di area tempat tidur. Lebih baik, duduk sambil menyantap makanan baru ke tempat tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.