Sukses

Kelebihan dan Kekurangan Susu Almond

Lebih rendah kalori dan tidak mengandung kolesterol namun tidak disarankan bagi bayi.

Liputan6.com, New York- Dalam beberapa bulan terakhir, susu almond jadi alternatif nutrisi yang banyak dikonsumsi oleh mereka yang dikenal memiliki gaya hidup sehat. Sebenarnya seberapa sehat susu nabati yang satu ini?

Susu almond merupakan pilihan tepat bagi mereka yang vegetarian dan alergi laktosa. Menurut ahli diet dan manajer pelayanan gizi kesehatan di Cleveland Clinic Wellness Institute, Kristin Kirkpatrick, susu almond memiliki kandungan kalori lebih rendah 50 persen di banding susu sapi serta tidak memiliki kolesterol. Sehingga baik untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Namun, meskipun kacang-kacangan dikenal kaya protein namun susu almond memiliki kandungan protein lebih rendah dibandignkan susu sapi dan kedelai menurut ahli diet Frances Stern Nutrition Center di Tufts Medical Center. Mungkin, ini disebabkan kandungan air yang banyak terdapat pada susu almond seperti dilansir laman Time, Senin (26/1/2015).

Diantara banyaknya nilai gizi yang dimiliki oleh susu almond, peneliti dari Hôpital Trousseau in France, dokter Julie Lemale menyatakan bahwa anak di bawah satu tahun disarankan tidak mengonsumsi susu almond. Berdasarkan penelitiannya, mengganti susu sapi dengan susu almond serta susu alternatif lainnya bisa menyebabkan anak kekurangan gizi dan mengganggu pertumbuhan di massa mendatang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.