Sukses

Tips Unik Panjang Umur dari Perempuan Berusia 109 tahun

Sebuah tips unik agar memiliki umur panjang dilontarkan oleh perempuan berusia 109 tahun.

Liputan6.com, Aberdeen Perempuan tertua di Skotlandia yang saat ini menginjak usia 109 tahun memberikan tips yang cukup unik agar panjang umur. Menurutnya, tips panjang umur adalah makan bubur dan menghindari laki-laki.

"Rahasia umur panjang saya adalah makan semangkuk bubur hangat setiap pagi dan tidak pernah menikah," demikian perempuan yang bernama Jessie Gallan katakan seperti yang dikutip dari Huffingtonpost, Jumat (23/1/2015).

Memang, sepanjang hidupnya, perempuan yang lahir dan besar di perkebunan orangtuanya serta memiliki 5 orang saudara ini tidak pernah menikah.

Entah kebetulan atau tidak, orang tertua di dunia yang berusia 116 tahun bernama Misao Okawa asal Jepang pun memiliki cerita yang agak mirip dengan Jessica.

Meskipun tidak secara eksplisit mengatakan bahwa untuk berumur panjang seseorang harus menghindari laki-laki, tetapi ternyata orang tertua di dunia ini telah menjadi janda sejak tahun 1931. Artinya, dirinya tidak lagi dekat dengan lelaki manapun sekitar 83 tahun lamanya.

Belum ada penelitian ilmiah yang memverifikasi pernyataan Jessica tersebut. Tetapi, beberapa survey seperti yang dilakukan oleh Centenarians di AS menemukan bahwa salah satu rahasia umur panjang adalah menghabiskan banyak waktu dengan teman dan keluarga serta memiliki komitmen untuk menjaga tubuh tetap sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini