Sukses

Begini Cara Bersihkan Telinga yang Benar

Apabila Anda merasa terganggu dengan kotoran telinga, lakukan pembersihan dengan benar.

Liputan6.com, Jakarta Kotoran telinga yang berlebihan memang sebaiknya dibersihkan. Berbeda dengan yang produksinya tak berlebihan karena bisa terdorong keluar dengan mengunyah atau berbicara. Namun, jika Anda merasa terganggu dengan kotoran telinga, lakukan pembersihan dengan benar.

Dokter di Rumah Sakit Puri Indah dan RSPI, Dr Agus Subagio, SpTHT., menyarankan tak menggunakan cotton bud saat membersihkan kotoran telinga. Selain itu, bersihkan di lokasi yang aman.

Berikut beberapa tips dari dr Agus:

1. Liang telinga hingga mulut telinga

"Yang aman, bersihkan liang telinga. Cukup di bagian luar sampai mulut, cukup di situ."

2. Tidak pakai cotton buds

"Tidak disarankan menggunakan cotton buds," kata Dr Agus saat dihubungi Tim Health Liputan6.com, Rabu (21/1/2015).

3. Kapas dan tisu

"Gunakan kapas dan tisu di bagian luar telinga."

4. Tidak disodok

Menurut dr Agus, membersihkan telinga tak boleh disodok. Jika disodok maka kotoran sebagian terambil dan sebagian besar terdorong sehingga sulit keluar serta memadat.

"Juga kemungkinan terjadi trauma kecil dan besar. Liang telinga lecet saja bisa nyeri sekali karena liang telinga tidak ada jaringan lemak di bawahnya," ujarnya.

Kotoran yang memadat bisa mengikis lapisan kulit liang telinga, bahkan tulang telinga.

5. Tidak masukkan apapun ke telinga

"Yang paling baik tidak melakukan apa-apa, tidak memasukkan apapun selama telinga sehat karena semakin banyak manuver di telinga berpotensi membahayakan," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.