Sukses

Lupa Letakkan Kunci, Solusinya Tutup Mata

Tak sedikit orang yang lupa di mana meletakkan kuncinya. Anda bisa mencoba cara mengingat dengan menutup mata.

Liputan6.com, New York Tak sedikit orang yang lupa di mana meletakkan kuncinya. Kehebohan bisa terjadi hanya karena kunci. Anda bisa mencoba cara mengingat dengan menutup mata.

Percobaan menunjukkan, daya ingat akan meningkat ketika kita tak melihat dunia luar. Alasannya, dengan menghalangi gangguan yang terlihat bisa membebaskan otak agar bisa mengingat sesuatu.

Psikolog dari University of Surrey menggunakan teori dengan menunjukkan film pendek kepada hampir 200 pria dan wanita. Mereka kemudian diminta menjawab serangkaian pertanyaan tentang apa yang mereka lihat. Para relawan menjawab pertanyaan tentang apa yang mereka lihat dan setengah dari relawan melakukannya dengan mata tertutup.

Mereka yang matanya terbuka hanya sebanyak 48 persen yang menjawab dengan benar. Nilai ini jauh lebih rendah dibandingkan 71 persen relawan yang menutup mata mereka. Menutup mata meningkatkan kemampuan mengingat apa yang didengar dan dilihat.

Teknik menutup mata meningkatkan memori karena memungkinkan orang membangun gambaran yang lebih rinci dari hal yang mereka coba mengingatnya.

Peneliti Robert Nash seperti yang dikutip Mailonline, Senin (19/1/2015), mengatakan ada kemungkinan orang-orang yang menutup mata mereka juga mendapat manfaat dengan menghalangi gangguan.

Dia mengatakan pasukan polisi telah lama menyadari manfaatnya dengan meminta saksi mata menutup mata mereka selama introgasi.

Dr Nash meyakini menutup mata juga akan bermanfaat dalam situasi sehari-hari seperti mengingat nomor pin dan mengingat daftar belanjar.

Penelitian ini memang melibatkan orang-orang yang dalam waktu singkat menonton film. Tapi penelitian lain juga menunjukkan menutup mata bisa meningkatkan daya ingat peristiwa beberapa tahun yang lalu.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.