3 Reaksi yang Ditunjukan Anak Saat Tahu Dia Diadopsi

Oleh Aditya Eka Prawira pada 16 Jan 2015, 11:30 WIB
Diperbarui 16 Jan 2015, 11:30 WIB
Studio Ghibli Pamer Keindahan Pantai di Trailer Film Marnie
Perbesar
Trailer Omoide no Marnie (When Marnie Was There) menampilkan hubungan emosional antara dua orang gadis remaja.

Liputan6.com, Jakarta Adopsi anak tidak hanya melibatkan teknis dalam hal implikasi hukum, melainkan juga emosional.

Saat paling sulit bagi orangtua adalah saat akan memberitahu jati diri sang anak. Terlebih saat anak menunjukkan reaksinya.

Berikut sejumlah reaksi yang paling umum yang perlu ditangani para orangtua saat Anda memberitahui dia adalah anak adopsi, seperti dikutip Times of India, Jumat (16/1/2015).

1. Berontak

Kebanyakan remaja mulai memberontak saat orangtua memberitahukan siapa dia sebenarnya. Cara terbaik untuk mengatasi pemberontakan yang dilakukan sang anak adalah biarkan mereka menjadi diri sendiri dan tunjukan bahwa Anda mencintainya. Hanya sabar dan cinta yang membuat mereka lebih tenang dan kembali pada Anda.

2. Menarik diri

Ada kalanya sang anak merasa harga dirinya menjadi rendah, karena mereka adalah anak adopsi. Dan mereka akan berpikir, kalau lahirnya mereka di dunia tidak diharapkan sama sekali. Bicaralah padanya dan manjakan diri mereka dengan percakapan yang produktif.

3. Merasa tidak diinginkan

Ini adalah perasaan yang paling umum. Mereka akan mulai membandingkan diri sendiri dengan teman-temannya.

"Namun, cara terbaik untuk membuat mereka merasa lebih baik adalah dengan melibatkannya ke dalam kegiatan rutin, sehingga mereka tidak merasa ditinggalkan," kata Konselor Anak dan Spesialis Adopsi, Rashmi Pinghare.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya