Sukses

Mudah Kena Pilek? Jangan-jangan Imun Tubuh Rendah

Jangan salahkan perubahan cuaca, bisa jadi penyebab Anda sakit karena kekebalan tubuh Anda rendah. Ini tanda-tandanya.

Liputan6.com, New Delhi- Suka kesal kenapa merasa mudah sekali kena flu padahal orang lain di sekitar Anda sehat-sehat saja. Perubahan cuaca kerap disebut sebagai penyebab terjadinya hal ini, namun faktanya tidak selalu. Kekebalan tubuh yang rendah bisa menyebabkan Anda mudah sakit.

Jika Anda memiliki empat tanda berikut itu berarti Anda memiliki kekebalan tubuh rendah. Dilansir dari Times of India, Kamis (15/1/2015) berikut tanda-tandanya.

1.  Sering sakit
Ini adalah tanda yang paling mudah terlihat. Tubuh Anda akan mudah menangkap virus yang sedang berkembang di sekitar. Menurut penelitian, pada umumnya orang  dewasa pilek 2-4 kali. Jika Anda melebihi itu, Anda perlu memperkuat kekebalan tubuh lewat asupan makanan.

2. Mudah stres
Jika kekebalan tubuh rendah, ini berdampak pada kesehatan mental.

3. Stamina kendor
Baru setengah hari berjalan, tapi sudah merasa lesu, letih dan ingin tidur padahal tidak melakukan banyak aktivitas fisik? Ini tanda imunitas tubuh rendah.

4. Ingin makan makanan kaya gula
Terlalu banyak mengonsumsi makanan gula memengaruhi sistem kekebalan tubuh karena gula melemahkan respons sel darah putih. Jika mengonsumsi lebih dari 100 gram gula sehari akan membuat tubuh sulit untuk melawan kuman dan bakteri di sekitar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pilek adalah kondisi dimana terjadi infeksi ringan pada hidung. Biasanya ditandai dengan terjadinya sumbatan pada hidung dan saluran nafas.

    Pilek

  • kekebalan Tubuh

Video Terkini