Sukses

Kenapa Manusia Bisa Merinding?

Tahu merinding? Berikut penjelasannya

Liputan6.com, Jakarta Merinding kerap terjadi secara spontan saat sedang menonton film horor atau ketika kita mengingat kenangan lama. Tapi, merinding sering terjadi ketika cuaca sedang dingin dan dalam keadaan emosi.

Merinding (piloerection) adalah respons alamiah yang dipicu oleh alam bawah sadar dari hormon stres yang disebut adrenalin. Adrenalin menyebabkan kontraksi otot kecil yang melekat pada setiap rambut di tubuh yang membuatnya berdiri setiap kali merasa dingin, takut atau gugup.

Berikut adalah beberapa fakta tentang merinding yang mungkin tidak diketahui sebelumnya, seperti dikutip Health Me Up, Kamis (15/1/2015).

1. Di bidang medis, merinding dikenal dengan Cutis Anserina`. Cutis artinya kulit, dan Anser artinya angsa. Merinding pun memiliki banyak sebutan seperti kulit ayam, daging angsa, bintik-bintik atau benjolan musim dingin.

2. Merinding biasa terjadi di lengan manusia, namun dapat terjadi di area tubuh bagian lain seperti kaki, leher, dan perut.

3. Merinding jarang terjadi di wajah kita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.